Pesaing Erdogan Janji Usir Seluruh Pengungsi dari Turki

Jum'at, 19 Mei 2023 - 09:41 WIB
loading...
Pesaing Erdogan Janji Usir Seluruh Pengungsi dari Turki
Kemal Kilicdaroglu, calon presiden pesaing Presiden Recep Tayyip Erdogan, berjanji akan mengusir seluruh pengungsi dari Turki. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Kemal Kilicdaroglu, calon presiden (capres) pesaing Presiden Recep Tayyip Erdogan , telah berjanji untuk mengusir seluruh pengungsi dari Turki .

Itu disampaikan pemimpin oposisi tersebut dalam pidato publik pertamanya setelah putaran pertama pemilihan presiden (pilpres).
Berbicara kepada wartawan di Ankara pada hari Kamis, Kilicdaroglu menuduh presiden petahana Recep Tayyip Erdogan gagal melindungi perbatasan Turki.

“Saya mengumumkan di sini: Saya akan memulangkan semua pengungsi setelah saya terpilih sebagai presiden, titik,” katanya.

"Erdogan telah dengan sengaja mengizinkan 10 juta pengungsi masuk ke TĂĽrki dan 'menjual' kewarganegaraan Turki," ujarnya tanpa memberikan pejelasan lebih lanjut.

“Lebih dari sepuluh juta pengungsi akan datang ke Turki jika ini tetap ada. Itu akan berubah menjadi mesin kejahatan potensial, penjarahan akan dimulai,” imbuh capres kubu oposisi tersebut.



Menurut data resmi, Turki—yang namanya telah diganti menjadi Turkiye—memiliki populasi pengungsi sekitar 4 juta.

Sebagian besar dari mereka melarikan diri dari konflik di negara tetangga; Suriah, dalam beberapa tahun terakhir.

Retorika semacam itu menandai perubahan nyata dalam taktik Kilicdaroglu. Sementara dia berbicara tentang memulangkan pengungsi sebelum putaran pertama pilpres, kampanyenya lebih terfokus pada reformasi politik dan retorika pro-Barat.

Pada akhir April, Kilicdaroglu berjanji untuk menghidupkan kembali pembicaraan keanggotaan Uni Eropa untuk Turki, yang telah terhenti secara efektif sejak 2016.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)