Lebih dari 100 Sekolah di Serbia Terima Ancaman Bom

Kamis, 18 Mei 2023 - 01:22 WIB
loading...
A A A
Sehari setelah penembakan di sekolah, seorang pria berusia 21 tahun melakukan penembakan di Mladenovac yang menewaskan delapan orang, termasuk seorang petugas polisi yang sedang tidak bertugas, dan melukai 14 lainnya.



Mladenovac berada di Serbia tengah, sekitar 100 kilometer selatan Beograd.

Insiden mengejutkan tersebut telah memicu perdebatan nasional tentang budaya kekerasan yang hadir dalam masyarakat Serbia setelah perang disintegrasi berdarah Yugoslavia selama tahun 1990-an dan awal 2000-an.

Beberapa menuntut kontrol yang lebih keras terhadap konten kekerasan di TV dan di surat kabar nasional.

Presiden Serbia Aleksandar Vucic kemudian mengumumkan tindakan keras anti-senjata dan warga telah menyerahkan sekitar 15.000 senjata yang tidak terdaftar sebagai bagian dari periode amnesti selama sebulan di mana tidak ada yang akan dituntut atas kepemilikan senjata ilegal

Pihak berwenang telah mengatakan kepada warga untuk menyerahkan senjata yang tidak terdaftar paling lambat 8 Juni atau menghadapi hukuman penjara.

Langkah-langkah anti-senjata lainnya termasuk larangan lisensi senjata baru, kontrol yang lebih ketat pada pemilik senjata dan lapangan tembak, serta hukuman yang lebih keras untuk kepemilikan senjata secara ilegal.

Presiden Serbia juga mengumumkan bahwa sekitar 156 psikolog dan psikiater akan ditempatkan di sekolah-sekolah di seluruh negeri untuk membantu mereka mengatasi masalah apa pun yang mungkin mereka hadapi setelah pembantaian mengerikan itu.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)