5 Negara dengan Penduduk Tak Bertuhan Terbesar

Rabu, 17 Mei 2023 - 22:45 WIB
loading...
5 Negara dengan Penduduk Tak Bertuhan Terbesar
Sejumlah negara memiliki warganya yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan atau disebut atheis. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara memiliki warganya yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan atau disebut atheis . Banyak alasan mengapa mereka memilih menjadi atheis. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 negara dengan jumlah penganut atheis terbanyak di dunia.

1. China: Negara dengan Penganut Atheis Terbanyak di Dunia

China memiliki kepadatan penduduk tertinggi dan penganut atheis terbanyak di dunia. Menurut hasil survei dan data dari World Population Review pada tahun 2021, total atheis di Negeri Tirai Bambu ini mencapai 91%. Dari jumlah itu, hampir 67% menyatakan yakin menjadi atheis, sedangkan sisanya mengeklaim sebagai nonreligius. Secara resmi, China memang negara atheis, di mana anggota Partai Komunis dilarang mempercayai atau mempraktikkan keyakinan apa pun. Hal ini dikarenakan kekhawatiran bahwa agama dapat berfungsi sebagai alternatif komunisme yang dapat merusak loyalitas kepada pemerintah.

2. Jepang: Negara dengan Persentase Penganut Atheis Terbanyak di Dunia Setelah China

Posisi kedua sebagai negara penganut atheis terbanyak adalah Jepang. Jumlah penganut atheis di Negeri Sakura ini mencapai 86%, dengan 29% di antaranya yakin menjadi atheis. Merunut sejarah, agama di Jepang secara historis berpusat di sekitar Shintoisme. Hal ini didasarkan pada ritual dan mitologi seputar masa lalu kuno Jepang. Diketahui, tidak ada pelajaran agama di sekolah-sekolah Jepang karena mereka memandang agama sebagai urusan masing-masing individu.

3. Swedia: Negara Nordik dengan Persentase Penganut Atheis Tertinggi

Swedia merupakan negara nordik yang terletak di Skandinavia dan menempati posisi ketiga sebagai negara penganut atheis terbanyak, yakni mencapai 78%. Sebanyak 18% penduduknya menyatakan yakin menjadi atheis. Swedia semakin menjadi sekuler dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan adanya keterputusan antara popularitas tradisi religius seperti Natal atau Paskah serta komitmen agama yang benar.

4. Republik Ceko: Negara Eropa dengan Penganut Atheis Tinggi

Republik Ceko dikenal sebagai negara yang menganut atheis tertinggi di Eropa. Hampir 75% penduduk Ceko menyatakan atheis dan 25% di antaranya yakin menjadi atheis. Hal ini terjadi lantaran runtuhnya pemerintahan komunis yang mengakibatkan penduduk Ceko lebih memilih tidak memeluk agama apa pun. Masa lalu pemerintahan komunis di negara ini cukup menekan kebangkitan agama mana pun dari tahun 1948 hingga 1989. Pada masa sebelumnya, agama Kristen Katolik menjadi agama mayoritas hingga pertengahan abad ke-20.

5. Estonia: Negara dengan Penganut Atheis Tertinggi di Kawasan Baltik

Terletak di kawasan Baltik, Eropa Utara, Estonia memiliki sekitar 70% penduduk yang tidak beragama atau atheis, dengan 10% yakin atheis. Agama di Estonia dilihat sebagai keyakinan para penjajah, yang kemudian ditolak oleh mayoritas. Identitas nasional dan agama di Estonia juga tidak saling tumpang tindih, sehingga sekolah-sekolah di sana tidak menonjolkan pelajaran agama sebagai kurikulum pendidikan.

Itulah 5 negara dengan jumlah tak bertuhan terbesar di dunia. Meskipun masing-masing memiliki alasan yang berbeda dalam memilih untuk menjadi atheis, namun semuanya tetap menjunjung nilai kebebasan berkeyakinan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang negara-negara di dunia yang memiliki populasi atheis terbesar.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0932 seconds (0.1#10.140)