Bos Wagner Disebut Mencoba Berkomplot dengan Intelijen Ukraina, Ini Respons Rusia

Selasa, 16 Mei 2023 - 11:12 WIB
loading...
Bos Wagner Disebut Mencoba Berkomplot dengan Intelijen Ukraina, Ini Respons Rusia
Bos kelompok tentara bayaran Wagner Group Yevgeny Prigozhin disebut hendak membocorkan pasukan Rusia kepada intelijen Ukraina. Foto/Concord Press Service/via REUTERS
A A A
MOSKOW - Bocoran intelijen Pentagon menyebut kepala tentara bayaran Wagner Group Rusia , Yevgeny Prigozhin, mencoba bernegosiasi denganintelijen Ukraina untuk membocorkan posisi pasukan Moskow.

Bocoran intelijen itu dilaporkan The Washington Post. Dua pejabat Kiev juga mengonfirmasi korespondensi antara Prigozhin dengan badan intelijen federal Ukraina.

Namun, kata para pejabat tersebut, proposal bos Wagner itu ditolak karena kurangnya kepercayaan.



Pemerintah Rusia telah merespons laporan media Amerika itu dengan menganggapkan sebagai laporan berita palsu atau hoax.

"Saya tidak bisa [berkomentar], tapi sepertinya itu hoax yang lainnya. Sayangnya, bahkan publikasi yang disegani akhir-akhir ini cukup sering tidak meremehkannya," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, seperti dikutip dari Ukrayinska Pravda, Selasa (16/5/2023).

The Washington Post, mengutip dokumen intelijen Pentagon yang bocor, melaporkan bahwa Prigozhin ingin memberi tahu Ukraina lokasi pasukan Rusia dengan imbalan Angkatan Bersenjata Ukraina harus keluar dari Bakhmut, tempat pertempuran mematikan sedang terjadi.

Andrii Yusov, perwakilan Intelijen Pertahanan Ukraina, juga laporan The Washington Post dengan mengatakan: "Ukraina melakukan segala kemungkinan untuk melindungi kepentingan nasionalnya sendiri, dan secara efektif membebaskan wilayahnya."
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)