Bos Tentara Bayaran Wagner: Rusia Tembak Jatuh 4 Pesawatnya Sendiri

Senin, 15 Mei 2023 - 10:09 WIB
loading...
Bos Tentara Bayaran Wagner: Rusia Tembak Jatuh 4 Pesawatnya Sendiri
Jet tempur Su-34, Su-35, dan dua helikopter Mi-8 Rusia jatuh nyaris bersamaan di wilayah Bryansk yang berdekatan dengan Ukraina. Foto/REUTERS/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kepala tentara bayaran Wagner Group Rusia , Yevgeny Prigozhin, percaya bahwa empat pesawat militer Rusia yang jatuh di dekat perbatasan Ukraina akibat ditembak jatuh oleh pasukan Moskow sendiri.

Para pejabat Rusia belum mengomentari laporan di media konvensional dan media sosial bahwa empat pesawat militernya—pesawat Su-34, Su-35, dan dua helikopter Mi-8—jatuh di wilayah Bryansk pada hari Sabtu.

Kantor berita pemerintah Rusia, TASS, mengutip sumber layanan darurat mengatakan Su-34 dan satu helikopter Mi-8 jatuh.

Sumber lain, termasuk Vladimir Rogov, kepala organisasi kolaborator Rusia di provinsi Zaporizhzhia, mengeklaim ada empat pesawat militer yang jatuh.



Semuanya dilaporkan milik kelompok udara militer yang sama.

Sejak Rusia menginvasi Ukraina 24 Februari 2022 lalu, penembakan lintas perbatasan telah berulang kali menghantam Bryansk, wilayah yang berbatasan dengan provinsi Chernihiv dan Sumy di Ukraina.

Pihak berwenang di sana mengeklaim bahwa ledakan yang tidak dapat dijelaskan juga menggagalkan dua kereta barang dan bahwa kelompok bersenjata memasuki wilayah tersebut dari Ukraina pada bulan Maret dan menewaskan dua warga sipil.

Rentetan insiden di wilayah itu menimbulkan kekhawatiran tentang kemampuan Ukraina untuk menyerang wilayah Rusia dan tentang kompetensi militer Moskow.

Juru bicara Angkatan Udara Ukraina, Yuriy Ihnat, pada hari Minggu membantah bahwa Ukraina terlibat dalam jatuhnya empat pesawat militer Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)