Iran Klaim Punya Rudal Jelajah Jarak Jauh Lebih Hebat dari Tomahawk AS

Minggu, 14 Mei 2023 - 06:01 WIB
loading...
Iran Klaim Punya Rudal Jelajah Jarak Jauh Lebih Hebat dari Tomahawk AS
Generasi baru kapal patroli korvet Iran. Foto/Twitter/@GreaterIran92
A A A
TEHERAN - Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran menerima rudal jelajah jarak jauh kelas baru. Tak hanya itu, Iran telah membangun kendali atas Teluk Persia dari udara, di laut, dan dari bawah permukaan laut.

Klaim tersebut diungkapkan Komandan Angkatan Laut IRGC Alireza Tangsiri.

“Pergerakan kapal musuh di Teluk Persia berada di bawah pengawasan terus-menerus oleh Angkatan Laut IRGC,” papar laksamana muda itu, berbicara kepada wartawan di kota pelabuhan Bushehr, Iran, Jumat (12/5/2023).

Menunjuk ke kemampuan maju industri pertahanan Iran, dan ke “kemajuan besar” yang dibuat IRGC dan Angkatan Laut dan Angkatan Darat reguler, Tangsiri mengatakan, “Dengan peralatan dan kekuatan yang mumpuni, tingkat kesiapan Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran meningkat dari hari ke hari.”

Dalam wawancara dengan media lokal yang diterbitkan Sabtu (13/5/2023), komandan tersebut mengungkapkan beberapa kapal Angkatan Laut IRGC telah menerima rudal jelajah Qadr-474 baru dengan jangkauan 2.000 km.

Ini termasuk kapal perang Shahid Mahdavi, dan kapal perang kelas Shahid Soleimani, generasi baru korvet rudal gaya katamaran yang diluncurkan Iran tahun lalu.



Jika karakteristik jangkauan rudal dapat dikonfirmasi secara independen, itu akan membuat rudal Iran lebih unggul dalam jangkauan sebagian besar varian Tomahawk.

Tomahawk merupakan rudal jelajah anti-kapal dan serangan darat subsonik Amerika Serikat (AS) yang telah lama menjadi andalan Angkatan Laut AS.

Tomahawk memiliki jangkauan antara 460 km (anti-kapal) dan 1.700 km (serangan darat), dengan hanya varian peluncuran nuklir dan darat yang mampu terbang lebih dari itu, hingga 2.500 km.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)