Rekaman Seks dan Dugaan Ikut Campur Rusia dalam Pemilu Turki

Sabtu, 13 Mei 2023 - 17:57 WIB
loading...
Rekaman Seks dan Dugaan Ikut Campur Rusia dalam Pemilu Turki
Oposisi Turki tuduh Rusia ikut campur pemilu Turki untuk membantu Presiden Recep Tayyip Erdogan tetap berkuasa. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Oposisi Turki menuduh Rusia mencoba memengaruhi pemilu hari Minggu (14/5/2023) untuk mempertahankan Presiden Recep Tayyip Erdogan di kantor setelah beberapa jajak pendapat menunjukkan dia di ambang kehilangan kekuasaan.

Meskipun hubungan Erdogan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin telah lama menimbulkan kekhawatiran, skandal rekaman seks tampaknya menjadi penghalang yang mematahkan "punggung unta".

Muharrem Ince, seorang kandidat presiden yang memimpin partai oposisi utama pada tahun 2018, mundur dari pemilu minggu ini karena rumor dugaan rekaman seks yang tersebar secara online. Kandidat presiden ini mengeklaim bahwa rekaman itu adalah deepfake dan mengatakan dia telah melewati pembunuhan karakter palsu.

Segera setelah itu, kandidat presiden dari oposisi Turki, Kemal Kilicdaroglu, menuduh Rusia menyebarkan deepfake dan konspirasi, termasuk rekaman seks yang diekspos di Turki.

“Lepaskan tangan Anda dari negara Turki,” tulisnya dalam sebuah tweet.



Kilicdaroglu mengatakan kepada Reuters bahwa dia memiliki bukti nyata untuk mendukung pernyataannya, tetapi Kremlin membantah tuduhannya.

Dalam sebuah wawancara dengan The Daily Beast, Sabtu (13/5/2023), seorang anggota Parlemen dari partai terbesar kedua dalam koalisi Kilicdaroglu mengatakan bahwa—meskipun dia tidak mengetahui dugaan bukti yang ada di balik pernyataan tersebut—jelas bahwa Moskow membantu Erdogan dalam upayanya untuk tetap berkuasa.

“Yang pasti Rusia melakukan intervensi berbeda dalam pemilu,” kata Ahmet Erozan, yang membantu memimpin urusan luar negeri untuk Good Party (Partai Baik).

Hanya tiga hari sebelum pemilu, Reuters melaporkan bahwa Rusia menunda tagihan pembayaran gas alam sebesar USD600 juta hingga tahun depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)