Perang Terus Berkobar, 973 Roket Ditembakkan ke Israel, Gaza Dibombardir 254 Kali

Sabtu, 13 Mei 2023 - 03:22 WIB
loading...
Perang Terus Berkobar, 973 Roket Ditembakkan ke Israel, Gaza Dibombardir 254 Kali
Sekitar 973 roket Gaza ditembakkan ke Israel sejak perang dimulai Selasa lalu. Militer Israel telah membombardir Jalur Gaza 254 kali. Foto/REUTERS/Mohammed Salem
A A A
GAZA - Sudah sekitar 973 roket ditembakkan dari Gaza ke Israel hingga hari Jumat ketika perang antara militer Zionis dengan Jihad Islam Palestina (PIJ) di Jalur Gaza terus berkobar. Militer Zionis mengaku telah membombardir 254 target terkait PIJ.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan sejak awal Operasi Perisai dan Panah, sekitar 973 roket diluncurkan dari Jalur Gaza ke arah Israel. Sekitar 296 di antaranya dicegat oleh Iron Dome dan sistem pertahanan rudal lainnya.

Sejauh ini, IDF telah membombardir Jalur Gaza 254 kali yang diklaim sebagai target yang terkait dengan PIJ.



Pihak Palestina melaporkan bahwa 33 orang tewas sejak pertempuran dimulai dan 110 lainnya luka-luka. Sedangkan IDF mengonfirmasi 1 warga sipil tewas dan 8 lainnya terluka ketika beberapa roket lolos dari intersepsi Iron Dome dan menghantam apartemen di Rehovot pada Kamis lalu.

Komandan senior PIJ Iyad al-Hassani tewas pada hari Jumat dalam serangan udara Israel, menurut laporan pihak Palestina yang kemudian dikonfirmasi oleh IDF dan kelompok PIJ. Hassani menjadi komandan senior keenam PIJ yang tewas sejak perang dimulai Selasa lalu.

Hassani berada di sebuah gedung apartemen di dekat Kota Gaza ketika dia menjadi target serangan udara IDF.

Hassani adalah kepala operasi Jihad Islam dan menjabat sebagai kepala dewan militer organisasi tersebut. Juga dilaporkan bahwa asisten pribadinya Mohammed Abed al-A'al juga tewas dalam serangan itu.

Hassani adalah salah satu tokoh paling menonjol di sayap militer PIJ, Brigade Al-Quds, dan telah diburu Israel selama lebih dari 26 tahun karena perannya dalam dua serangan di Israel.

Seorang pejabat pertahanan Israel mengatakan bahwa IDF sedang mempersiapkan kemungkinan bahwa Hamas akan bergabung dalam pertempuran ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)