Paus Fransiskus Akui 21 Warga Koptik yang Dibunuh ISIS sebagai Martir

Jum'at, 12 Mei 2023 - 04:30 WIB
loading...
Paus Fransiskus Akui 21 Warga Koptik yang Dibunuh ISIS sebagai Martir
Paus Fransiskus Akui 21 Warga Koptik yang Dibunuh ISIS sebagai Martir. FOTO/Reuters
A A A
VATIKAN - Paus Fransiskus pada Kamis (11/5/2023) mengumumkan bahwa 21 orang Kristen Ortodoks Koptik yang dipenggal kepalanya oleh ISIS di Libya pada tahun 2015 diakui sebagai martir oleh Vatikan.

Seperti dilaporkan Reuters, Paus Fransiskus mengungkapkan langkah tersebut selama pertemuan dengan Paus Tawadros II dari Gereja Ortodoks Koptik dan mengatakan dia melakukannya dengan persetujuan Tawadros.



Eksekusi 21 orang Koptik, 20 orang Mesir dan seorang Ghana, terjadi pada 15 Februari 2015. Mereka mengenakan pakaian oranye di sebuah pantai di kota Sirte, Libya, yang kemudian dikuasai oleh ISIS. Kelompok radikal itu lalu memposting video pembunuhan, menunjukkan orang-orang berdoa saat mereka meninggal.

Paus Fransiskus mengatakan kepada Tawadros bahwa prasasti pria yang dikenal sebagai Martirologi Romawi, atau kalender orang-orang kudus, adalah "tanda persekutuan spiritual yang menyatukan kedua Gereja kita".



Tawadros, 70, berada di Vatikan untuk memperingati 50 tahun pertemuan pertama antara seorang paus Roma dan seorang paus Koptik, yang terjadi antara pendahulunya masing-masing, Paulus VI dan Shenouda III, pada tahun 1973.

Koptik terdiri dari sekitar 10 persen dari sebagian besar populasi Muslim Mesir dan ada komunitas kecil Kristen Koptik di seluruh Timur Tengah dan Afrika. Mereka telah lama diserang oleh militan Islam yang melihat mereka sebagai bid'ah.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)