Paus Fransiskus Isyaratkan Misi Rahasia Vatikan di Ukraina

Senin, 01 Mei 2023 - 19:15 WIB
loading...
Paus Fransiskus Isyaratkan Misi Rahasia Vatikan di Ukraina
Paus Fransiskus bertemu dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban. Foto/REUTERS
A A A
BUDAPEST - Ukraina menjadi agenda utama kunjungan Paus Fransiskus ke Hongaria pekan lalu. Saat itu Paus berbicara dengan Perdana Menteri (PM) Viktor Orban.

Vatikan sedang dalam misi perdamaian yang bertujuan mengakhiri konflik di Ukraina, menurut Paus Fransiskus.

"Ada misi sekarang tetapi belum dipublikasikan. Ketika itu publik, saya akan mengungkapkannya," ujar dia kepada wartawan setelah kunjungannya ke Hongaria pada Minggu (30/4/2023).

Paus menambahkan Vatikan juga siap membantu "memulangkan" anak-anak Ukraina yang dibawa ke Rusia.

Paus mengatakan menurutnya perdamaian “selalu dibuat dengan membuka saluran” dan seseorang “tidak akan pernah bisa mencapai perdamaian melalui penutupan (mereka).”



Menurut Paus, dia telah berbicara tentang situasi di Ukraina dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban dan dengan Metropolitan Hilarion, perwakilan dari Gereja Ortodoks Rusia di Budapest.

“Dalam pertemuan-pertemuan ini, kami tidak hanya berbicara tentang Little Red Riding Hood. Kami berbicara tentang semua hal ini. Semua orang tertarik dengan jalan menuju perdamaian,” tegas Paus Fransiskus.

Secara terpisah, dia memperjelas bahwa "Tahta Suci bersedia" membantu "memulangkan" anak-anak Ukraina karena "itu adalah hal yang benar."

Dia berbicara setelah Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal bertemu Paus Fransiskus di Vatikan pekan lalu dan meminta bantuan dalam apa yang dia gambarkan sebagai "pemulangan" anak-anak Ukraina, yang diklaim Kiev dideportasi secara ilegal ke Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2313 seconds (0.1#10.140)