Inggris Dilaporkan Pasok Ukraina dengan Rudal Jelajah Jarak Jauh Storm Shadow

Kamis, 11 Mei 2023 - 17:26 WIB
loading...
A A A
Ini bukan pertama kalinya Inggris melangkah jauh dari AS dalam memberikan bantuan senjata untuk Ukraina. Inggris menjadi sekutu pertama Ukraina yang mengumumkan akan mengirimkan tank modern Barat ke Ukraina.

Pada bulan Januari, Inggris menjanjikan 14 tank Challenger 2 sebelum AS mengumumkan akan menyumbangkan tank M-1 Abrams segera setelah itu.



Awal tahun ini, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memberi isyarat bahwa Inggris sedang mempertimbangkan untuk mengirim senjata jarak jauh.

“Kita harus membantu Ukraina melindungi kota-kotanya dari bom Rusia dan drone Iran,” kata Sunak di Konferensi Keamanan Munich pada 18 Februari.

“Dan itulah mengapa Inggris akan menjadi negara pertama yang menyediakan senjata jarak jauh kepada Ukraina,” imbuhnya.

Dan awal bulan ini pemerintah Inggris mengeluarkan pemberitahuan pengadaan melalui Dana Internasional untuk Ukraina. Pemberitahuan itu mengatakan Inggris mengundang minat untuk membeli roket atau rudal serangan jarak jauh pada 4 Mei, dan pemasok potensial akan dihubungi setelah sebulan.

Pemberitahuan tersebut menetapkan rudal atau roket dengan jangkauan 100-300 km; peluncuran darat, laut atau udara dengan Muatan 20-490kg.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)