Inggris Dilaporkan Pasok Ukraina dengan Rudal Jelajah Jarak Jauh Storm Shadow

Kamis, 11 Mei 2023 - 17:26 WIB
loading...
Inggris Dilaporkan Pasok Ukraina dengan Rudal Jelajah Jarak Jauh Storm Shadow
Inggris dilaporkan memasok Ukraina dengan rudal jarak jauh Storm Shadow jelang serangan balasan yang direncanakan. Foto/MBDA
A A A
LONDON - Inggris telah memasok Ukraina dengan beberapa rudal jelajah jarak jauh Storm Shadow jelang serangan balasan yang telah direncanakan. Ini memberikan pasukan Ukraina kemampuan serangan jarak jauh yang baru. Hal itu diungkapkan beberapa pejabat senior Barat kepada CNN.

Seorang pejabat Barat mengatakan kepada CNN bahwa Inggris telah menerima jaminan dari pemerintah Ukraina bahwa rudal ini hanya akan digunakan di dalam wilayah kedaulatan Ukraina dan bukan di dalam Rusia. Pejabat Inggris sering membuat pernyataan publik yang mengidentifikasi Crimea sebagai wilayah berdaulat Ukraina, menggambarkannya sebagai "dicaplok secara ilegal".

"Rudal itu adalah pengubah permainan yang nyata dari perspektif jangkauan,” kata seorang pejabat senior militer AS seperti dikutip dari media yang berbasis di AS itu, Kamis (11/5/2023).

Keberadaan Storm Shadow akan memberi Kiev kemampuan yang telah diminta sejak awal perang. Saat ini, jangkauan maksimum Ukraina pada senjata yang disediakan AS adalah sekitar 49 mil.

Storm Shadow adalah rudal jelajah jarak jauh dengan kemampuan siluman, yang dikembangkan bersama oleh Inggris dan Prancis, yang biasanya diluncurkan dari udara. Dengan jarak tembak lebih dari 250 km, kemampuan rudal itu berada sedikit di bawah jangkauan kemampuan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat permukaan-ke-permukaan buatan AS, atau ATACMS, yang telah lama diminta Ukraina.

Secara kritis, Storm Shadow memiliki jangkauan untuk menyerang jauh ke dalam wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina Timur.



Menurut MBDA Missile Systems, perusahaan Eropa yang memproduksi rudal tersebut, Storm Shadow adalah senjata serang dalam yang mampu dioperasikan siang dan malam di segala cuaca, yang menampilkan sistem navigasi canggih untuk memastikan akurasi.

“Setelah diluncurkan, senjata itu turun ke dataran tinggi untuk menghindari deteksi,” kata situs web MBDA.

“Saat mendekati target, pencari infra merah onboard mencocokkan gambar target dengan gambar yang disimpan untuk memastikan serangan presisi dan kerusakan jaminan minimal,” demikian keterangan di situs MBDA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)