Inggris Cari Perusahaan Militer yang Bisa Pasok Rudal Jarak Jauh ke Ukraina

Rabu, 10 Mei 2023 - 16:37 WIB
loading...
Inggris Cari Perusahaan Militer yang Bisa Pasok Rudal Jarak Jauh ke Ukraina
Inggris Cari Perusahaan Militer yang Bisa Pasok Rudal Jarak Jauh ke Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Sekelompok negara-negara Eropa yang dipimpin Inggris telah meminta pernyataan minat untuk memasok Ukraina dengan rudal dengan jangkauan hingga 300 km (190 mil). Ini merupakan langkah lanjutan dukungan militer untuk Kiev dalam melawan invasi Rusia.

Seruan untuk tanggapan dari perusahaan yang dapat menyediakan rudal tersebut dimasukkan dalam pemberitahuan yang diposting minggu lalu oleh Dana Internasional untuk Ukraina - sekelompok negara Eropa, termasuk Inggris, Norwegia, Belanda, Denmark dan Swedia - yang dibentuk untuk mengirim senjata ke Kiev.



Seperti dilaporkan Reuters, Kementerian Pertahanan Inggris, yang mengelola dana tersebut, meminta perusahaan untuk menghubungi jika mereka dapat menyediakan rudal yang dapat diluncurkan dari darat, laut atau udara dengan muatan antara 20 dan 490 kg (44 dan 1.078 pound).

Pemberitahuan tersebut meminta persyaratan lain yang diinginkan termasuk "kemungkinan pencegatan yang rendah", "kemampuan perencanaan misi", dan "metode penetrasi pertahanan udara untuk meningkatkan kemungkinan serangan yang berhasil". Pemberitahuan itu mengatakan perusahaan yang menanggapi akan dihubungi mulai 5 Juni.

Ditanya tentang kebijakan Inggris dalam memasok jet tempur dan rudal jarak jauh ke Ukraina pada acara think tank di Washington, Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly menolak untuk merinci rencana spesifik.



Namun, dia mengatakan penting untuk terus mencari cara untuk “meningkatkan dan mempercepat dukungan yang kami berikan ke Ukraina”. “Jika kita menyimpan barang untuk hari hujan, ini adalah hari hujan,” katanya.

Seorang pejabat Inggris mengatakan belum ada keputusan akhir yang dibuat untuk mengirim rudal ke Ukraina dengan kemampuan yang ditetapkan dalam pemberitahuan yang dipublikasikan.

The Washington Post melaporkan rincian pemberitahuan pengadaan sebelumnya pada hari Selasa. Inggris dan negara-negara Barat lainnya telah meningkatkan janji bantuan militer mereka untuk Ukraina tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)