Israel Kembali Gempur Gaza, Militan Palestina Balas dengan Tembakkan 100 Roket

Rabu, 10 Mei 2023 - 22:48 WIB
loading...
A A A
Israel mengatakan serangan udara tersebut merupakan tanggapan atas rentetan tembakan roket yang diluncurkan pekan lalu oleh Jihad Islam sebagai tanggapan atas kematian salah satu anggotanya akibat mogok makan saat berada dalam tahanan Israel.

Israel mengatakan berusaha menghindari konflik dengan Hamas, kelompok militan yang lebih kuat yang menguasai Gaza, dan membatasi pertempuran hanya untuk Jihad Islam.

“Tindakan kami dimaksudkan untuk mencegah eskalasi lebih lanjut,” kata Laksamana Muda Danny Hagari, kepala juru bicara militer Israel.

“Israel tidak tertarik dengan perang,” sambungnya seperti dilansir dari Associated Press.



Sementara Hamas telah menyatakan solidaritas terhadap mitranya yang lebih kecil di Gaza, dan kedua kelompok tersebut sering berkoordinasi satu sama lain.

Dalam sebuah pernyataan, organisasi faksi Palestina di Gaza, termasuk Hamas, mengatakan kampanye melawan Israel - yang dijuluki "Pembalasan Pembebasan" - melibatkan penembakan ratusan roket sebagai pembalasan atas pembunuhan tiga komandan Jihad Islam oleh Israel serta beberapa warga sipil.

“Perlawanan siap untuk semua opsi,” kata faksi tersebut.

“Jika (Israel) bertahan dalam agresi dan arogansinya, hari-hari gelap menantinya,” sambung pernyataan itu.

Namun, masih belum jelas apakah Hamas ikut bergabung. Jika kelompok militan yang berkuasa terseret ke dalam pertempuran, risiko konflik besar akan meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0651 seconds (0.1#10.140)