AS Klaim Berhasil Gagalkan Operasi Siber Rusia di Puluhan Negara

Rabu, 10 Mei 2023 - 18:37 WIB
loading...
AS Klaim Berhasil Gagalkan Operasi Siber Rusia di Puluhan Negara
AS Klaim Berhasil Gagalkan Operasi Siber Rusia di Puluhan Negara. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) mengaku telah berhasil mengganggu kampanye spionase siber Rusia yang telah berlangsung lama yang menginfeksi jaringan komputer di banyak negara, termasuk di AS. Serangan siber itu mengakibatkan pencurian informasi sensitif dari pemerintah.

Jaksa mengaitkan operasi mata-mata itu dengan unit Layanan Keamanan Federal Rusia, atau FSB. AS juga menuduh para peretas mencuri dokumen dari ratusan sistem komputer milik pemerintah anggota NATO.



“Selama 20 tahun, FSB mengandalkan malware Snake untuk melakukan spionase dunia maya terhadap AS dan sekutu kami – yang berakhir hari ini,” ujar Asisten Jaksa Agung Matthew Olsen, kepala Divisi Keamanan Nasional Departemen Kehakiman, seperti dikutip dari AP, Selasa (9/5/2023).

Sasaran spesifik tidak disebutkan dalam dokumen pengadilan, tetapi Departemen Kehakiman AS menyatakan, jaringan yang terkena dampak berada di lebih dari 50 negara. Pejabat AS menggambarkan kampanye spionase sebagai "sangat penting," dengan mengatakan para peretas telah berhasil mengekstraksi dokumen sensitif dari negara-negara NATO.

Jaksa juga mengatakan para peretas, menggunakan perangkat lunak berbahaya yang dikenal sebagai Snake. Perangkat lunak ini mengarahkan data yang dicuri dari pemerintah asing melalui komputer yang disusupi di AS sebagai cara untuk menutupi jejak mereka. Mereka beroperasi dari apa yang dikatakan Departemen Kehakiman sebagai fasilitas FSB terkenal di Ryazan, Rusia.

Dalam pernyataan terpisah, CrowdStrike Intelligence, sebuah perusahaan keamanan siber swasta yang telah mempelajari ancaman tersebut, mengatakan, sektor yang menjadi sasaran peretasan termasuk organisasi pemerintah, organisasi terkait pertahanan, dan perusahaan yang mengembangkan perangkat keras kriptografi.



Menurut CrowdStrike Intelligence, negara-negara di seluruh dunia telah terpengaruh, termasuk di Eropa, Australia, sebagian Asia dan Amerika Utara dan Selatan.

Pejabat AS juga mengatakan, mereka telah menyelidiki Snake selama sekitar satu dekade dan menganggapnya sebagai implan malware paling canggih yang diandalkan oleh pemerintah Rusia untuk kampanye spionase.

Mereka mengatakan Turla, unit FSB yang diyakini bertanggung jawab atas malware tersebut, telah menyempurnakan dan merevisinya berkali-kali sebagai cara untuk menghindari penutupan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)