Aksi Protes Meletus Pascapenangkapan Eks PM Pakistan Imran Khan

Selasa, 09 Mei 2023 - 21:33 WIB
loading...
Aksi Protes Meletus Pascapenangkapan Eks PM Pakistan Imran Khan
Aksi protes meletus pascapenangkapan Eks PM Pakistan Imran Khan. Foto/France 24
A A A
ISLAMABAD - Aksi protes meletus setelah mantan Perdana Menteri Pakistan , Imran Khan , ditangkap saat ia muncul di pengadilan. Situasi ini memicu peningkatan ketegangan politik yang dramatis di negara itu.

Khan tiba di Pengadilan Tinggi Islamabad dekat Lahore, tempat tinggalnya, untuk menghadapi dakwaan dalam kasus korupsi.

Penangkapannya didasarkan pada surat perintah baru dari Biro Akuntabilitas Nasional yang diperoleh minggu lalu dalam kasus korupsi terpisah di mana Khan belum mendapatkan jaminan, membuatnya rentan untuk ditangkap. Para pejabat mengatakan dia dijadwalkan muncul di hadapan pengadilan anti-korupsi pada hari Rabu.

"Imran Khan ditangkap karena dia dicari dalam kasus korupsi," kata Menteri Dalam Negeri Pakistan Rana Sanaullah Khan pada konferensi pers seperti dikutip dari Associated Press, Selasa (9/5/2023).

Dia menuduh perbendaharaan Pakistan telah kehilangan jutaan dolar saat Khan menjabat karena pembelian tanah secara ilegal dari seorang taipan bisnis.

Khan dibawa ke kota garnisun Rawalpindi, dekat Islamabad, untuk diinterogasi di kantor Biro Akuntabilitas Nasional, menurut polisi dan pejabat pemerintah. Dia juga harus menjalani pemeriksaan medis rutin, kata polisi.



Saat berita penangkapan itu menyebar, sekitar 4.000 pendukung Khan menyerbu kediaman resmi komandan regional tertinggi di Lahore. Massa menghancurkan jendela dan pintu, merusak furnitur, dan melakukan aksi duduk saat pasukan di sana mundur untuk menghindari kekerasan. Para pengunjuk rasa juga membakar kendaraan polisi dan memblokir jalan-jalan utama.

Para pengunjuk rasa juga menghancurkan gerbang utama markas tentara di kota garnisun Rawalpindi, tempat pasukan menahan diri. Ratusan pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan pro-Khan saat mereka bergerak menuju gedung yang luas itu.

Di kota pelabuhan Karachi, polisi mengayunkan pentungan dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan ratusan pendukung Khan yang berkumpul di jalan utama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2613 seconds (0.1#10.140)