3 Negara Eropa Ini Hentikan Golden Visa, Alasannya soal Keamanan

Selasa, 09 Mei 2023 - 15:01 WIB
loading...
3 Negara Eropa Ini Hentikan Golden Visa, Alasannya soal Keamanan
Ilustrasi paspor dan uang Euro. FOTO/Reuters
A A A
MADRID - Banyak negara di Eropa mulai mempertimbangkan untuk mengakhiri skema golden visa atau visa golden. Umumnya, banyak orang memanfaatkan visa golden untuk berinvestasi dan mendapatkan izin tinggal dalam waktu lama.

Dengan program golden visa, penduduk non- Uni Eropa (UE) bisa mendapatkan izin tinggal selama tiga tahun jika membeli properti senilai 500.000 euro atau setara Rp8,1 miliar atau berinvestasi dengan nilai yang sama. Visa tersebut juga bisa diperpanjang hingga dua tahun.

Manuel Viloria Mendieta adan David MartĂ­nez Garcia, Direktur Transparency International, memperingatkan bahaya golden visa. "Risiko pencucian uang dan mengizinkan kriminal untuk masuk ke suatu negara," kata mereka dilansir El Pais.

Berikut tiga negara yang berencana atau pun sudah mengakhiri program golden visa.

Baca Juga: Melalui Golden Visa, Imigrasi Cari Pelintas Berkualitas

1. SPANYOL

3 Negara Eropa Ini Hentikan Golden Visa, Alasannya soal Keamanan

Foto/Reuters

Tahun lalu, sebanyak 2.462 golden visa diberikan oleh pemerintah Spanyol. Itu meningkat 60% dibandingkan tahun sebelumnya. Golden visa pertama kali diberikan sejak 2013 dan telah diterima oleh 11.646 orang. Awalnya, pemberian golden visa ditujukan untuk membangkitkan sektor perekonomian karena krisis.

Namun demikian, banyak warga asing membeli properti di Spanyol sehingga harganya terus meningkat. Itu mengakibatkan warga lokal tak mampu membeli rumah. Selain itu, banyak pihak beranggapan nilai golden visa terlalu murah, terutama di Madrid dan Barcelona, untuk membeli sebuah rumah. Itulah melatarbelakangi rencana Pemerintah Spanyol akan menghentikan skema golden visa.

2.PORTUGAL
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)