Diduga Ingin Mengacau, Burundi Tangkap Tentara Rwanda

Minggu, 13 Maret 2016 - 14:59 WIB
Diduga Ingin Mengacau, Burundi Tangkap Tentara Rwanda
Diduga Ingin Mengacau, Burundi Tangkap Tentara Rwanda
A A A
BUJUMBURA - Pihak kepolisian Burundi mengatakan telah menahan seorang pria yang telah diidentifikasi sebagai tentara Rwanda. Polisi Burundi pun menuding jika sang pria berada di negara itu dalam misi untuk "mengacaukan" Burundi.

Insiden penangkapan ini terjadi di tengah ketegangan antara kedua negara tetangga itu yang memiliki sejarah kekerasan etnis. Juru bicara polisi Pierre Nkurikiye mengatakan, pria Rwanda ditangkap dekat perbatasan dengan Tanzania, sekitar 250 km dari ibukota Burundi, Bujumbura.

"Tujuannya adalah untuk mendestabilisasi negara kita. Ini bukti lain dari detribalization negara kita dengan tetangga Rwanda," katanya seperti dinukil dari Reuters, Minggu (13/3/2016).

Namun tudingan ini dibantah langsung oleh Presiden Rwanda Paul Kagame. Dalam pidatonya, Kagame mengatakan bahwa negaranya tidak memiliki keterlibatan di Burundi.

Burundi sendiri saat ini berada dalam kekacauan sejak April lalu. Pemicunya adalah keputusan Presiden Pierre Nkurunziza untuk maju menjadi capres untuk masa jabatan ketiga kalinya. Sejumlah kelompok HAM telah memperingatkan negara itu bisa tergelincir ke arah perang saudara.

Sebelumnya, sebuah laporan rahasia kepada Dewan Keamanan PBB awal tahun ini menuduh Rwanda merekrut dan melatih para pengungsi Burundi dengan tujuan mengusir Nkurunziza.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4739 seconds (0.1#10.140)