7 Kota di Rusia dengan Populasi Terbanyak, Nomor Terakhir Punya Penduduk Muslim Terbesar

Senin, 08 Mei 2023 - 18:01 WIB
loading...
A A A
Penyebutan tersebut didasarkan pada sebuah bangunan bernama Universal Temple yang terdiri dari berbagai tempat ibadah dari agama-agama yang berbeda, mulai dari gereja, hingga Masjid.

Dalam hal jumlah populasi, Kazan memiliki penduduk mencapai 1,25 juta jiwa. Unggul sedikit dari kota Nizhny Novgorod.

4. Yekaterinburg


Yekaterinburg terkenal sebagai tempat eksekusi Tsar Nicholas II dan keluarganya pada tahun 1918. Kota ini terletak di sekitar Sungai Iset antara wilayah Volga-Ural dan Siberia.

Lebih besar dari Kazan, jumlah populasi di Yekaterinburg mencapai 1,49 juta jiwa.

3. Novosibirsk


Kota Novosibirsk menjadi kota terpadat di Siberia dan terbesar ketiga di Rusia. Adapun letaknya sendiri berada di barat daya Siberia, tepatnya tepi sungai Ob.

Novosibirsk memiliki populasi sebanyak 1,62 juta jiwa.

2. Saint Petersburg


Berikutnya ada Saint Petersburg. Kota terbesar kedua di Rusia ini juga mempunyai populasi yang sangat banyak, bahkan menjadi salah satu yang terpadat di Eropa.

Per Januari 2022, Saint Petersburg memiliki penduduk mencapai 5,37 juta jiwa. Meski masih kurang dari setengah penduduk di Moskow, tetap saja angka tersebut menjadi yang terbesar di Rusia.

1. Moskow


Moskow adalah ibu kota dan sekaligus kota terbesar di Rusia. Menurut laporan Statista, kota ini memiliki populasi mencapai 12,6 juta penduduk per 1 Januari 2022.

Bukan tanpa alasan, Moskow merupakan pusat kehidupan politik, industri, bisnis, dan budaya Rusia. Sehingga tak heran apabila jumlah penduduknya sangat banyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)