Provinsi Kanada Umumkan Keadaan Darurat Akibat Kebakaran Hutan, 24.000 Orang Dievakuasi

Minggu, 07 Mei 2023 - 10:58 WIB
loading...
Provinsi Kanada Umumkan Keadaan Darurat Akibat Kebakaran Hutan, 24.000 Orang Dievakuasi
Provinsi Kanada umumkan keadaan darurat akibat kebakaran hutan. Foto/Channel News Asia
A A A
TORONTO - Provinsi Alberta di Kanada mengumumkan keadaan darurat setelah puluhan ribu warganya terpaksa mengungsi akibat kebakaran hutan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal itu dikatakan Perdana Menteri Danielle Smith, kepala Partai Konservatif Bersatu yang berkuasa (UCP) pada konferensi pers.

Di antara wilayah yang dievakuasi adalah Distrik Brazeau, termasuk 7.000 orang yang tinggal di Lembah Drayton, 140 km sebelah barat Ibu Kota provinsi Edmonton.

Seluruh 3.600 orang di Fox Lake juga termasuk di antara para pengungsi, di mana kebakaran Fox Lake seluas 1.458 hektar menghabiskan 20 rumah dan kantor polisi.

"Saya tidak tahu apakah saya pernah melihat banyak komunitas dievakuasi sekaligus di musim kebakaran," kata Smith.

Sepanjang tahun ini, kata Smith, ada 43.000 hektar yang terbakar akibat kebakaran hutan.

Dia mengatakan USD 1,12 miliar disisihkan sebagai kontinjensi karena mereka tahu jumlah yang signifikan dapat dibelanjakan untuk manajemen darurat.



Pemilih di Alberta akan pergi ke tempat pemungutan suara pada 29 Mei untuk memilih pemerintahan baru. Smith mengatakan orang harus berharap hari pemilihan akan berjalan sesuai rencana.

Pada hari Sabtu pukul 17:00 waktu setempat, lebih dari 24.000 warga Alberta telah dievakuasi dari rumah mereka, dengan 110 kebakaran hutan aktif di seluruh provinsi, dan 36 diantaranya di luar kendali.

"Ini adalah hari yang sangat menantang bagi petugas pemadam kebakaran di sini," kata Christie Tucker, manajer unit informasi untuk Alberta Wildfire.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)