Rusia Tuding AS Bertanggung Jawab Atas Pemboman Mobil Prilepin

Minggu, 07 Mei 2023 - 09:52 WIB
loading...
Rusia Tuding AS Bertanggung Jawab Atas Pemboman Mobil Prilepin
Rusia tuding AS bertanggung jawab atas pemboman mobil novelis pro perang Zakhar Pripelin (Insert). Foto/Kolase/Sindonews
A A A
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) memikul tanggung jawab utama atas serangan teroris terhadap penulis Rusia dan aktivis politik Zakhar Prilepin. Demikian pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Rusia atas serangan bom mobil terhadap Prilepin.

Membunuh lawan ideologis, kata kementerian itu, telah menjadi refleks dasar rezim Kiev.

Prilepin, seorang jurnalis dan novelis yang bertempur di Ukraina dalam unit Garda Nasional Rusia awal tahun ini, terluka parah ketika sebuah bom pinggir jalan meledak saat dia melewati wilayah Nizhny Novgorod Rusia pada Sabtu pagi. Asisten Prilepin, yang berada di belakang kemudi, tewas.

Seorang tersangka yang ditangkap di dekat lokasi ledakan mengatakan kepada penyelidik Rusia bahwa dia telah direkrut oleh badan intelijen Ukraina yang tidak disebutkan namanya pada tahun 2019. Ia mengaku menanam dua ranjau anti-tank di samping jalan dan meledakkannya dari jarak jauh saat mobil Prilepin lewat.



"Serangan teroris terhadap Evgeny Prilepin adalah demonstrasi lain dari pendekatan sistematis (Kiev) untuk menghilangkan lawan ideologis," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, mengacu pada Prilepin dengan nama lahirnya.

“Tanggung jawab untuk ini dan tindakan teroris lainnya terletak pada otoritas Ukraina bersama dengan pelindung Barat mereka, terutama Amerika Serikat, yang melalui upayanya proyek anti-Rusia yang dipadukan dengan neo-Nazisme telah dengan susah payah dipupuk di Ukraina sejak kudeta pada Februari 2014,” bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (7/5/2023).

Kementerian itu kemudian menjelaskan bagaimana musuh negara Ukraina ditambahkan ke database 'Mirotvorets' (Peacemaker), dengan detail pribadi mereka tercantum di samping deskripsi "kejahatan" mereka terhadap Ukraina. 'Daftar pembunuhan' ini diduga dikelola oleh dinas keamanan Ukraina, dan termasuk jurnalis dan politisi Barat yang berbicara baik tentang Rusia atau mengutuk Ukraina dan pemerintahnya.

Kementerian Luar Negeri Rusia menambahkan bahwa daftar itu digunakan oleh pembunuh bayaran untuk menargetkan musuh-musuh Kiev, dan mencatat bahwa Rusia telah berulang kali meminta pendukung Ukraina di Barat agar daftar itu dibuat offline, yang sejauh ini mereka tolak.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)