Menhan Israel: Iran Bisa Buat 5 Bom Nuklir

Jum'at, 05 Mei 2023 - 10:36 WIB
loading...
Menhan Israel: Iran Bisa Buat 5 Bom Nuklir
Menteri Pertahanan Israel menyebut Iran memiliki cukup uranium diperkaya untuk membuat 5 bom nuklir. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Menteri Pertahanan (Menhan) Israel , Yoav Gallant, mengatakan bahwa Iran telah memperkaya uranium yang cukup untuk membuat lima bom nuklir.

“Sejauh ini, Iran telah memperoleh bahan yang diperkaya hingga 20 persen dan 60 persen untuk lima bom nuklir,” kata Gallant kepada koleganya dari Yunani, Nikolaos Panagiotopoulos, saat berkunjung ke Athena, Times of Israel melaporkan.

"Jangan salah - Iran tidak akan puas dengan satu bom nuklir," kata Gallant, menurut laporan itu, seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (5/5/2023).

Israel menuduh Iran mencoba mengembangkan senjata nuklir dan telah berulang kali memperingatkan bahwa mereka akan mengambil tindakan militer jika upaya diplomatik gagal mengekang program nuklir Iran.

Iran sendiri membantah berusaha memperoleh senjata nuklir dan menegaskan bahwa pihaknya tidak berusaha untuk memperkaya uranium di atas kemurnian 60 persen.



Namun, pada bulan Februari, pengawas nuklir PBB melaporkan mendeteksi partikel uranium yang diperkaya hingga 83,7 persen di Iran, tepat di bawah 90 persen yang dibutuhkan untuk menghasilkan bom nuklir.

Gallant memperingatkan bahwa jika Iran memilih untuk memperkaya uranium hingga 90 persen, itu akan menjadi kesalahan besar dan dapat menyulut api di kawasan Timur Tengah.

Gallant juga menuduh Iran mengirim senjata ke Suriah untuk tujuan "teroris" setiap minggu selama enam bulan terakhir.

“Rezim Suriah harus menyadari bahwa IDF akan menanggapi dengan paksa setiap serangan yang diluncurkan dari wilayahnya. Kami tidak akan mengizinkan Iran membangun kekuatan militer di Suriah, atau membangun jalan raya untuk pengiriman senjata canggih ke Lebanon,” tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)