Pertemuan Tak Sengaja Mengubah Sejarah, dari Penciptaan Mobil hingga Google

Minggu, 26 Juli 2020 - 07:57 WIB
loading...
A A A
Suatu malam, seseorang menemuinya untuk menandatangani paket. Pria itu mengenalkan diri bernama Mark Felt, seorang asisten direktur FBI. (Baca juga: Editor Pengungkap Skandal Watergate Tutup Usia)

Woodward, yang ingin maju dalam kariernya, kemudian meminta nomor telepon Felt. Pada perkembanganya, Felt bertindak sebagai mentor dan sesekali bertindak sebagai sumber anonim untuk cerita-cerita Woodward dalam tulisan jurnalistiknya. Hingga suatu saat Felt memberi informasi berharga kepada Woodward dan rekannya, Carl Bernstein yang membantu mengungkap skandal Watergate dan berujung pengunduran diri Presiden Richard Nixon pada 8 Agustus 1974.

5. Thomas Edison dan Henry Ford (Awal terciptanya mobil)

Pertemuan Tak Sengaja Mengubah Sejarah, dari Penciptaan Mobil hingga Google


Thomas Edison adalah pahlawan pribadi Henry Ford meski keduanya tak pernah bermimpi akan menjadi teman baik. Semuanya berawal pada 1896, ketika Ford menghadiri konvensi Asosiasi Perusahaan Penerangan Edison di Brooklyn, New York. (Baca juga: Ford Bronco dan Suzuki Jimny, Dua Mobil Tangguh yang Sedot Perhatian Dunia)

Edison berkeliling di acara itu dan berbincang dengan Ford soal mobil pertama rancangannya. Ford bekerja di salah satu anak perusahaan Edison dan telah mengidolakan penemunya sejak ia masih kecil). Dua belas tahun kemudian, Ford — yang terinspirasi pertemuan itu dalam kariernya memperkenalkan mobil Model T di mana ia dan Edison akhirnya membentuk persahabatan mendalam yang akan bertahan seumur hidup mereka.

6. Pangeran Edward dan Wallis Simpson (Sejarah skandal besar di Kerajaan Inggris)

Pertemuan Tak Sengaja Mengubah Sejarah, dari Penciptaan Mobil hingga Google


Pada 10 Desember 1936 Raja Edward VIII mundur dari keanggotaan Kerajaan Inggris yang dipicu kisah asmaranya dengan seorang perempuan dari kalangan rakyat biasa bernama Wallis Sumpson. Semua berawal ketika pada 10 Januari 1931, Pangeran Edward tidak sengaja di sebuah pesta bertemu dengan Wallis Simpson yang merupakan istri dari Ernest Simpson.

Melalui pertemuan pertama kali inilah Pangeran Edward akhirnya tergila-gila dengan Simpson. Setelah pertemuan tersebut, empat bulan kemudian, Edward dan Wallis Simpson bertemu lagi dan tujuh bulan setelah itu sang pangeran makan malam di rumah Simpson dan pulang hingga pukul 4 pagi.

Pada 20 Januari 1936, Raja Goerge V, yang merupakan ayah dari Pangeran Edward meninggal dunia. Hal tersebut menyebabkan Pangeran Edward naik takhta menjadi Raja Edward VII. Namun karena melanggar aturan dalam kerajaan karena menikah dengan rakyat jelata maka Edward akhirnya mundur dari anggota kerajaan. (Lihat grafis: Kaldera Toba Ditetapkan sebagai Global Geopark oleh UNESCO)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)