Gelombang Panas Ekstrem Terjang Spanyol dan Portugal, Suhu April Capai Rekor

Minggu, 30 April 2023 - 22:30 WIB
loading...
Gelombang Panas Ekstrem Terjang Spanyol dan Portugal, Suhu April Capai Rekor
Warga berjalan di Cordoba, Spanyol. Foto/sputnik
A A A
MADRID - Temperatur yang sangat panas menyelimuti Spanyol dan Portugal, menempatkan bulan April dalam buku rekor.

Kedua negara mengalami gelombang panas awal yang parah yang sejak itu menimbulkan kekhawatiran akan potensi kebakaran hutan di wilayah tersebut.

Gelombang panas meningkatkan kekhawatiran akan kebakaran di kalangan otoritas Spanyol. Pemerintah Spanyol memulai kampanye pengawasan kebakaran pada Jumat, satu setengah bulan lebih awal dari biasanya.

Rekor baru melihat Cordoba Spanyol mencapai 38,8 derajat Celcius yang memicu keringat bercucuran dan Mora Portugal mencapai 36,9 derajat Celsius yang mencengangkan.

Gelombang panas dianggap sebagai akibat dari massa udara panas dan kering dari Afrika, yang tidak hanya meningkatkan risiko kebakaran hutan di kedua negara tetapi juga potensi kekeringan.



Kondisi cuaca saat ini sangat mengkhawatirkan karena Spanyol mengalami tahun terpanas tahun lalu, dengan perubahan iklim yang menyebabkan hampir 75% tanah negara itu berisiko mengalami penggurunan.

Ini berarti tanah menjadi semakin gersang, dengan vegetasi yang mati dan tanah menjadi kurang subur, mempersulit petani bercocok tanam dan hewan untuk merumput.

Selain dampak lingkungan, gelombang panas juga meningkatkan risiko kesehatan masyarakat karena suhu tinggi dapat menyebabkan kelelahan akibat panas dan serangan panas, terutama pada kelompok rentan seperti lansia dan anak kecil.

Situasi menjadi sangat parah saat ini sehingga sekolah-sekolah di Spanyol terpaksa mengubah jadwal karena panas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)