Ukraina Batasi Penggunaan Huruf Z dan V pada Plat Mobil

Minggu, 30 April 2023 - 15:30 WIB
loading...
Ukraina Batasi Penggunaan Huruf Z dan V pada Plat Mobil
Simbol Z dan V terlihat di Moskow, Rusia. Foto/sputnik
A A A
KIEV - Ukraina membatasi penggunaan huruf “Z” dan “V” pada pelat nomor kendaraan yang dipersonalisasi. Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengumumkan hal itu pada Jumat (28/4/2023).

Kedua huruf tersebut umumnya dikaitkan dengan "agresi Rusia" terhadap Ukraina, menurut kementerian tersebut, menjelaskan alasan tindakannya.

Meskipun huruf-huruf tersebut tidak terkena larangan menyeluruh, mulai sekarang huruf-huruf tersebut tidak dapat digunakan sebagai simbol yang berdiri sendiri di atas piring atau sebagai pengganti huruf Cyrillic yang terdengar serupa dalam kata-kata.

Huruf Z dan V awalnya muncul sebagai tanda taktis yang digunakan pada peralatan oleh berbagai kelompok pasukan Rusia pada awal permusuhan antara Moskow dan Kiev pada Februari 2022.

Penggunaannya sebagai simbol kemudian menjadi viral, muncul di berbagai barang dagangan dan memorabilia berkaitan dengan operasi militer.



Namun, Ukraina tidak menargetkan simbol lain yang terkait dengan permusuhan itu, seperti huruf “O” yang telah umum digunakan sebagai tanda taktis Rusia juga.

Kelambanan terhadap huruf “O” mungkin berasal dari fakta bahwa secara efektif tidak mungkin untuk membedakan huruf Cyrillic “O” dari huruf Latinnya, yang selanjutnya akan memperumit penegakan aturan semacam itu.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2816 seconds (0.1#10.140)