Rusia Kosongkan Pangkalan di Crimea Utara, Antisipasi Serangan Balasan Ukraina?

Kamis, 27 April 2023 - 09:44 WIB
loading...
Rusia Kosongkan Pangkalan di Crimea Utara, Antisipasi Serangan Balasan Ukraina?
Citra satelit mengungkap Rusia telah mengosongkan pangkalan militer di Crimea utara. Foto/CNN
A A A
WASHINGTON - Pasukan Rusia telah mengosongkan pangkalan utama di Crimea utara. Hal itu menurut citra satelit yang baru-baru ini ditinjau oleh CNN.

Fasilitas yang dekat dengan desa Medvedivka dan perbatasan Kherson itu diketahui menampung sejumlah besar kendaraan lapis baja Rusia.

Sebelumnya, citra satelit dari perusahaan teknologi Maxar yang beresolusi lebih tinggi dari tanggal 11 Februari menunjukkan lusinan kendaraan lapis baja, termasuk tank dan artileri.

Citra Maxar dari 11 Februari hingga 16 Februari menunjukkan konsentrasi besar struktur pertahanan di dekat Medvedivka, termasuk jaringan parit dan penghalang beton anti-tank berbentuk baji yang dikenal sebagai gigi naga. Satu gambar Maxar dari 3 Januari menunjukkan benteng jauh lebih kecil pada awal tahun.

Rusia Kosongkan Pangkalan di Crimea Utara, Antisipasi Serangan Balasan Ukraina?

Foto: CNN



Citra dari satelit Sentinel 2 Uni Eropa dari 21 Januari menunjukkan jejak besar peralatan Rusia.

Sedangkan citra baru yang diambil oleh satelit Sentinel 2 UE mengungkapkan sebagian besar kendaraan itu tidak lagi ada di pangkalan seperti dikutip dari kantor berita yang berbasis di AS itu, Kamis (27/4/2023).

Tidak segera jelas mengapa Moskow memindahkan peralatan atau ke mana, tetapi pada awal bulan, pejabat Rusia di Crimea mengisyaratkan bahwa mereka memprediksi serangan balasan Ukraina akan menargetkan semenanjung itu.

“Saya pikir keputusan untuk membangun struktur pertahanan di Crimea dan pendekatan ke semenanjung itu benar dan dibenarkan,” kata gubernur Crimea yang ditunjuk Rusia, Sergei Aksyonov, pada 11 April lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)