Jurnalis Ukraina Tewas Ditembak Sniper Rusia

Kamis, 27 April 2023 - 09:19 WIB
loading...
Jurnalis Ukraina Tewas Ditembak Sniper Rusia
Seorang jurnalis Ukraian tewas ditembak penembak jitu Rusia dalam sebuah penyergapan di Ukraina selatan. Foto/The Guardian
A A A
KIEV - Seorang jurnalis Ukraina yang bekerja dengan reporter untuk La Repubblica ditembak mati oleh penembak jitu Rusia di Ukraina selatan, sementara rekannya dari Italia terluka. Peristiwa dilaporkan oleh surat kabar itu Italia.

“Hari ini, koresponden kami Corrado Zunino dan fixernya Bogdan Bitik menjadi korban penyergapan di dekat jembatan di Kherson oleh penembak jitu Rusia di pinggiran Kherson, di Ukraina selatan,” lapor La Repubblica.

“Bitik sayangnya tidak selamat dan meninggal: dia meninggalkan istri dan seorang putranya. Corrado, yang terluka di bahu, berada di rumah sakit sipil di Kherson,” sambung laporan itu seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (27/4/2023).

Zunino, yang secara ekstensif meliput konflik tersebut, mengatakan kepada La Repubblica bahwa dia telah mengenakan rompi antipeluru dengan tulisan “pers” di atasnya ketika para wartawan diserang.



“Saya baik-baik saja, ada luka di bahu kanan saya, terserempet oleh peluru yang mengenai teman baik saya Bogdan,” tambahnya.

“Saya melihat Bogdan di tanah, dia tidak bergerak. Saya merangkak sampai saya keluar dari jalur tembakan. Saya berlari sampai saya menemukan mobil warga sipil. Saya berlumuran darah, saya dibawa ke rumah sakit di Kherson," tuturnya.

“Saya mencoba beberapa kali menelepon Bogdan, dia tidak menjawab. Dia adalah teman baik saya, rasa sakitnya luar biasa," akunya.

“Sulit untuk menyelamatkan jasad Bitik saat ini, karena adanya penembak jitu,” kata La Repubblica.

Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani, mengatakan kementeriannya dan kedutaan Italia di Kiev bekerja sama dengan pihak berwenang Ukraina untuk mengembalikan Zunino ke Italia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)