Eks Wakil Khamenei Ditembak Mati

Rabu, 26 April 2023 - 23:24 WIB
loading...
Eks Wakil Khamenei Ditembak Mati
Abbas Ali Soleimani, mantan wakil pemimpin spiritual tertinggi Iran Ali Khamenei, ditembak mati di Babolsar, provinsi Mazandaran Iran. Foto/Al Arabiya
A A A
TEHERAN - Seorang ulama senior Syiah di Iran ditembak dan dibunuh pada Rabu (26/4/2023) dalam serangan di provinsi utara di sepanjang Laut Kaspia. Hal itu diungkapkan pihak berwenang setempat.

"Seorang penyerang menembak mati Abbas Ali Soleimani di Babolsar di provinsi Mazandaran Iran, lapor televisi pemerintah. Polisi kemudian menangkap penyerang," lapor stasiun televisi pemerintah seperti dilansir dari Al Arabiya.

Kekacauan berlanjut berjam-jam setelah serangan itu.



Stasiun televisi pemerintah Iran pada laporan awal menyatakan Soleimani berada di sebuah bank di kota itu ketika seorang pria lain merebut senjata api seorang penjaga dan mulai menembak karena perselisihan pribadi dengan seorang karyawan.

Stasiun TV pemerintah Iran kemudian mengatakan bahwa penjaga itu sendiri yang melepaskan tembakan.

Laporan yang tidak sesuai tidak dapat segera direkonsiliasi. Kementerian Dalam Negeri Iran mengumumkan akan meluncurkan penyelidikan khusus atas pembunuhan ulama tersebut.



Soleimani (78) bertugas di Majelis Pakar, sebuah panel 88 kursi yang mengawasi dan menunjuk pemimpin tertinggi Iran. Dia juga pernah menjadi perwakilan pribadi Pemimpin Spiritual Tertinggi Iran, Ali Khamenei, untuk provinsi Sistan-Baluchistan yang bergolakdiIran.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0751 seconds (0.1#10.140)