Simulasi Perang, Pasukan AS-Filipina Tembakkan Roket ke Kapal Musuh

Rabu, 26 April 2023 - 14:12 WIB
loading...
Simulasi Perang, Pasukan AS-Filipina Tembakkan Roket ke Kapal Musuh
Simulasi Perang, Pasukan AS-Filipina Tembakkan Roket ke Kapal Musuh. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Pasukan Amerika Serikat (AS) dan Filipina menembakkan roket ke kapal perang yang mewakili kapal musuh di Laut China Selatan yang disengketakan pada Rabu (26/4/2023), dalam latihan terakhir dari latihan militer terbesar sekutu.

Ini adalah pertama kalinya kedua negara melakukan latihan tembak-menembak bersama di perairan yang diperebutkan dengan panas, yang hampir seluruhnya diklaim China.



Presiden Filipina Ferdinand Marcos, yang mencari hubungan pertahanan yang lebih kuat dengan AS, duduk di menara observasi dengan pejabat AS dan Filipina menonton acara di utara Manila.

"Tidak ada efek Hollywood pagi ini, ini adalah pelatihan kuno," kata Letnan Kolonel Nick Mannweiler, pejabat urusan publik Korps Marinir AS, seperti dikutip dari AFP.

Latihan tembakan langsung dimulai dengan sistem roket presisi HIMARS AS yang meluncurkan serangkaian putaran pada korvet Angkatan Laut Filipina yang dinonaktifkan yang berlabuh sekitar 22 km di lepas pantai.

Tujuannya adalah menenggelamkan kapal berusia puluhan tahun, yang mewakili kapal musuh yang mendekati pantai Filipina. Langkah itu diikuti oleh unit artileri yang berbaris di sepanjang lapangan berumput yang menembakkan roket ke drum terapung 10 km lepas pantai.



“Latihan itu sempat terhenti ketika sebuah pesawat pribadi kecil memasuki area latihan,” kata Mannweiler kepada AFP.

Latihan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan militer Manila sambil berfungsi sebagai unjuk dukungan AS untuk sekutu Asianya karena ketegasan China di kawasan itu semakin kuat.

Hampir 18.000 tentara telah mengambil bagian dalam latihan tahunan yang dijuluki Balikatan, atau "bahu-membahu" dalam bahasa Filipina. Latihan yang dimulai pada 11 April, melibatkan pendaratan helikopter di sebuah pulau Filipina di ujung utara pulau utama Luzon, hampir 300 km dari Taiwan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)