Ikuti Langkah Norwegia, Swedia Usir 5 Diplomat Rusia

Rabu, 26 April 2023 - 07:15 WIB
loading...
Ikuti Langkah Norwegia, Swedia Usir 5 Diplomat Rusia
Ilustrasi
A A A
STOCKHOLM - Swedia pada Selasa (25/4/2023) mengumumkan akan mengusir lima diplomat Rusia . Langkah itu diambil karena "kegiatan yang tidak sesuai" dengan status diplomatik mereka.

Kementerian Luar Negeri Swedia mengatakan, lima pejabat di Kedutaan Besar Rusia di Swedia diminta untuk meninggalkan negara itu karena kegiatan yang tidak sesuai dengan Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik.



Seperti dilaporkan AFP, Kementerian Luar Negeri tidak merinci sifat dari kegiatan tersebut. Tetapi, pengumuman itu datang kurang dari dua minggu setelah negara tetangga Norwegia mengusir 15 diplomat yang digambarkan sebagai "petugas intelijen."

Pengusiran itu juga terjadi ketika penyiar publik Nordik - SVT Swedia, DR Denmark, NRK Norwegia, dan Yle Finlandia - mulai merilis serial dokumenter investigasi yang diproduksi bersama tentang kegiatan mata-mata Rusia di wilayah tersebut.

Pekan lalu, SVT melaporkan bahwa Rusia menggunakan kapal militer dan sipil untuk memata-matai perairan Swedia — bagian dari program spionase yang merencanakan sabotase infrastruktur energi di Eropa Utara.



Pada April 2022, Swedia, bersama dengan beberapa negara Eropa lainnya, mengusir tiga diplomat Rusia, dengan Menteri Luar Negeri Ann Linde saat itu mengatakan bahwa mereka telah "melakukan operasi intelijen ilegal di Swedia".

Dinas Keamanan Swedia sebelumnya mengaku percaya setiap diplomat Rusia ketiga di negara itu bekerja untuk salah satu badan intelijen Rusia di bawah perlindungan diplomatik.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)