Singapura-China Gelar Latihan Bersama Angkatan Laut

Selasa, 25 April 2023 - 10:45 WIB
loading...
Singapura-China Gelar Latihan Bersama Angkatan Laut
Ilustrasi
A A A
SINGAPURA - Singapura dan China akan mengadakan latihan militer bersama pada pekan ini. Latihan gabungan ini merupakan yang pertama dilakoni kedua negara sejak 2021.

Menurut Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF), Senin (24/4/2023), latihan akan diadakan dari 28 April hingga 1 Mei.



"Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) melakukan latihan bilateral dan multilateral reguler dengan angkatan laut asing sebagai bagian dari upaya berkelanjutannya untuk meningkatkan rasa saling percaya dan kerja sama dengan negara lain," sebut pernyataan MINDEF, seperti dikutip dari Channel News Asia.

“Latihan tersebut, yang akan terdiri dari fase pantai dan laut, akan melibatkan fregat kelas Formidable RSS RSS Intrepid dan Kapal Penanggulangan Ranjau kelas Bedok RSS Punggol,” lanjut pernyataan MINDEF.

Angkatan Laut China akan mengerahkan fregat pembawa rudal, Yulin, dan kapal pemburu ranjau, Chibi, kata Kementerian Pertahanan China dalam sebuah pernyataan di situs webnya, tanpa menyebutkan lokasinya.

"Latihan ini menggarisbawahi hubungan pertahanan bilateral yang hangat dan bersahabat antara Singapura dan China, dan meningkatkan rasa saling percaya, pengertian dan hubungan antar masyarakat antara SAF (Angkatan Bersenjata Singapura) dan PLA (Tentara Pembebasan Rakyat)," kata MINDEF.



“Selain latihan bilateral, kedua angkatan bersenjata juga berinteraksi secara teratur melalui pertukaran tingkat tinggi, kunjungan timbal balik, kehadiran lintas kursus dan panggilan pelabuhan,” lanjutnya.

Dua tahun lalu, China dan Singapura mengadakan latihan militer gabungan di perairan internasional di ujung selatan Laut China Selatan, menyusul peningkatan pakta pertahanan bilateral pada 2019 untuk memasukkan latihan berskala lebih besar di antara angkatan darat, laut, dan udara mereka.

Singapura secara rutin melakukan latihan dengan negara-negara dari kawasan dan seluruh dunia. Pada bulan Maret, SAF menyelesaikan latihan besar-besaran Cobra Gold di Thailand. Ini adalah salah satu latihan multinasional terbesar di kawasan Asia-Pasifik.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)