Kremlin: Rusia Tak Rencanakan Mobilisasi Baru untuk Operasi Militer di Ukraina

Jum'at, 21 April 2023 - 22:00 WIB
loading...
Kremlin: Rusia Tak Rencanakan Mobilisasi Baru untuk Operasi Militer di Ukraina
Kremlin: Rusia Tak Rencanakan Mobilisasi Baru untuk Operasi Militer di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Kremlin mengatakan pada Jumat (21/4/2023), bahwa pihaknya tidak merencanakan gerakan mobilisasi baru untuk operasi militernya di Ukraina . Pernyataan ini dikeluarkan di tengah laporan media bahwa para siswa sedang menerima draf pemberitahuan pemanggilan wajib militer.

Serangan Rusia di Ukraina memasuki tahun kedua, dengan analis militer menunjuk kekebuntuan di medan perang di sektor timur. Moskow sendiri membantah mengalami kemunduran di garis depan.



"Tidak ada pembicaraan di Kremlin tentang semacam gelombang mobilisasi," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, seperti dikutip dari AFP.

Peskov berbicara setelah laporan media Rusia mengatakan bahwa siswa menerima draf pemberitahuan di Moskow dan beberapa kota lainnya.

“Sejujurnya, ini pertama kalinya saya mendengar tentang ini,” kata Peskov. “Pemberitahuan apa? Sejujurnya, saya bahkan tidak tahu,” lanjutnya.

Setelah mengirim pasukan ke Ukraina pada Februari 2022, Presiden Vladimir Putin pada September memerintahkan pemanggilan militer “sebagian” untuk meningkatkan pasukan reguler dalam apa yang menjadi mobilisasi militer pertama di Rusia sejak Perang Dunia II. Ratusan ribu orang telah direkrut, sementara puluhan ribu lainnya telah melarikan diri ke luar negeri.



Peskov mengatakan bahwa pekerjaan sedang dilakukan untuk memodernisasi dan mendigitalkan sistem draf Rusia dalam upaya terkait dengan “kewajiban konstitusional warga negara Rusia untuk melakukan wajib militer.”

Pekan lalu Putin menandatangani undang-undang untuk membuat sistem draf digital yang dapat melarang laki-laki meninggalkan negara itu di tengah serangan Moskow di Ukraina.

RUU itu dilarikan melalui parlemen dan bahkan anggota parlemen yang ramah Kremlin mengeluh bahwa RUU itu diadopsi dengan selubung kerahasiaan.

Mereka yang tidak hadir di kantor pendaftaran setelah menerima draf pemberitahuan elektronik tidak akan dapat mengambil pinjaman, mendaftarkan properti, atau bekerja sebagai pengusaha perorangan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)