Sekutu Barat Berkumpul di Jerman Bahas Permintaan Bantuan Ukraina

Jum'at, 21 April 2023 - 18:51 WIB
loading...
Sekutu Barat Berkumpul di Jerman Bahas Permintaan Bantuan Ukraina
Sekutu Barat Berkumpul di Jerman Bahas Permintaan Bantuan Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Amerika Serikat (AS) menjadi tuan rumah pertemuan di Jerman pada Jumat (21/4/2023) untuk membahas dukungan lebih lanjut untuk Ukraina . Pertemuan ini digelar setelah Presiden Volodymyr Zelensky mendorong sekutu Barat untuk mengirim lebih banyak jet tempur dan rudal jarak jauh.

Perwakilan dari sekitar 50 negara akan berkumpul di Pangkalan Udara Ramstein AS untuk mengoordinasikan dukungan mereka untuk Kiev, saat pertempuran dengan Rusia berkecamuk di bagian timur negara itu.



Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, yang akan menghadiri pertemuan itu, berada di ibu kota Ukraina pada Kamis - kunjungan pertamanya sejak dimulainya invasi Rusia pada Februari 2022.

Zelensky mengambil kesempatan untuk menekan NATO untuk mengundang Kiev bergabung dengan aliansi dan meningkatkan dukungan militer untuk tentara Ukraina.

"Sudah waktunya untuk mengambil keputusan yang tepat," kata Zelensky pada konferensi pers dengan Stoltenberg, seperti dikutip dari AFP. Dia mengatakan "mayoritas orang di negara-negara NATO dan mayoritas orang Ukraina mendukung masuknya negara kita ke dalam aliansi".



Presiden Ukraina meminta bantuan NATO untuk "mengatasi keengganan" beberapa negara anggota dalam menyediakan roket jarak jauh, jet tempur modern, dan kendaraan lapis baja.

Anggota NATO telah mengirim beberapa jet tempur era Soviet ke Ukraina, tetapi tidak ada pesawat modern seperti F-16 rancangan AS yang dijanjikan meskipun ada permintaan dari Ukraina.

Pendukung Barat Ukraina juga enggan mengirim roket jarak jauh karena kekhawatiran bahwa Ukraina dapat menggunakannya untuk mencapai sasaran di dalam Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)