Roket SpaceX Elon Musk Meledak Beberapa Menit Setelah Diluncurkan

Jum'at, 21 April 2023 - 01:02 WIB
loading...
Roket SpaceX Elon Musk Meledak Beberapa Menit Setelah Diluncurkan
Roket raksasa SpaceX meledak beberapa menit setelah diluncurkan. Foto/NBC News
A A A
TEXAS - Roket baru SpaceX meledak beberapa menit setelah meluncur pada penerbangan uji pertamanya dan jatuh ke Teluk Meksiko.

Perusahaan Elon Musk itu bertujuan untuk mengirim roket terbesar dan terkuat yang pernah dibuat dalam perjalanan keliling dunia dari ujung selatan Texas, dekat perbatasan Meksiko. Starship hampir 120 meter tidak membawa orang atau satelit.

Gambar menunjukkan beberapa dari 33 mesin utama tidak menyala saat Starship naik dari landasan peluncuran, mencapai ketinggian 39 kilometer. Tidak ada kabar langsung dari SpaceX tentang berapa banyak mesin yang gagal menyala atau mati sebelum waktunya.

Penguat seharusnya lepas dari pesawat ruang angkasa tiga menit setelah lepas landas, tetapi itu tidak terjadi. Sebaliknya, roket dengan pesawat ruang angkasa yang masih terpasang mulai jatuh dan kemudian meledak, jatuh ke jurang.

Alih-alih skenario kasus penerbangan terbaik 1,5 jam dengan pesawat ruang angkasa berkeliling dunia, semuanya hanya berlangsung empat menit. Roket ini mencapai kecepatan maksimum sekitar 1.300 mph.



Lewat sebuat tweet, Musk pun memberikan tanggapan atas insiden itu.

“Peluncuran uji coba yang menarik dari Starship! Belajar banyak untuk peluncuran uji berikutnya dalam beberapa bulan,” katanya seperti dikutip dari The Associated Press, Jumat (21/4/2023).

Meskipun penerbangan singkat, ucapan selamat mengalir dari kepala NASA Bill Nelson dan sejumlah pihak lain di industri luar angkasa.

"Pencapaian besar, pelajaran besar, lanjutkan ke upaya berikutnya," tweet pensiunan astronot Kanada Chris Hadfield.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)