Cahaya Terang Misterius Muncul di Langit Kiev, Ada 4 Dugaan

Kamis, 20 April 2023 - 22:01 WIB
loading...
Cahaya Terang Misterius Muncul di Langit Kiev, Ada 4 Dugaan
Cahaya terang terlihat di atas langit Kiev, Ukraina. Foto/twitter
A A A
KIEV - Kilatan cahaya terang misterius muncul pada Rabu malam (19/4/2023) di langit di atas Kiev dan wilayah sekitarnya.

Berbagai spekulasi pun muncul tentang asal-usulnya, dengan beberapa teori telah beredar. NASA menyangkal laporan bahwa itu adalah satelitnya yang jatuh.



Suar terang menerangi langit pada tanggal 19 April di atas Kiev dan lingkungan sekitarnya. Media lokal menangkap benda bercahaya misterius itu dalam video, dan beberapa menit kemudian peringatan serangan udara terdengar di wilayah tersebut.

Sputnik memeriksa apa yang kita ketahui tentang lampu terang itu:

1. Teori Pertahanan Udara


Laporan kilatan cahaya di langit di atas Kiev muncul pada Rabu sekitar pukul 22:00 waktu setempat (19:00 GMT). Tak lama kemudian, sirene serangan udara terdengar di kota itu.

Kepala kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Andriy Yermak, mengatakan di media sosial bahwa cahaya itu disebabkan oleh pertahanan udara Ukraina sebagai bagian dari operasi militer khusus Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina.

"Jangan khawatir tentang UFO. Ini adalah pertahanan udara kami," tulisnya dalam pesan yang dihapus tak lama setelah itu.

2. Satelit NASA yang Mati Jatuh


Di sisi lain, kepala administrasi militer kota Kiev, Jenderal Serhiy Popko, yakin bahwa kilatan menarik yang menerangi langit di sekitar Kiev dihasilkan dari satelit luar angkasa NASA yang jatuh ke Bumi.

"Sekitar pukul 22:00 tanggal 19 April, pancaran terang dari objek udara terlihat di langit di atas Kiev. Menurut informasi awal, fenomena ini adalah hasil dari satelit luar angkasa NASA yang jatuh ke Bumi. Untuk menghindari jatuhnya korban dari puing-puing, peringatan serangan udara diumumkan. Sistem pertahanan udara tidak beroperasi pada saat itu," tulis Popko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)