Berjam-jam Berada di bawah Sengatan Matahari, 11 Warga India Tewas

Selasa, 18 April 2023 - 01:30 WIB
loading...
Berjam-jam Berada di bawah Sengatan Matahari, 11 Warga India Tewas
Ilustrasi
A A A
NEW DELHI - Setidaknya 11 orang meninggal karena sengatan panas di India , setelah sekitar satu juta penonton menunggu berjam-jam di bawah sinar matahari pada upacara penghargaan yang disponsori pemerintah, Senin (17/4/2023).

Seperti dilaporkan AFP, sekitar 20 orang dirawat di rumah sakit dan 300 orang merasa sakit pada acara di dekat kota barat Mumbai pada hari Minggu, ketika suhu mendekati 38 derajat Celcius (100 Fahrenheit) dengan tingkat kelembapan yang tinggi, lapor media lokal.



Pejabat senior pemerintah menghadiri upacara tersebut, termasuk Menteri Dalam Negeri Amit Shah, yang memuji massa yang menunggu begitu lama di bawah sinar matahari.

Kantor Kepala Menteri negara bagian Maharashtra Eknath Shinde menggambarkannya sebagai "insiden yang menyedihkan dan mengganggu" dan menjanjikan kompensasi untuk kerabat para korban.

“Partai Bharatiya Janata yang berkuasa di India mengatakan sekitar satu juta orang menghadiri acara tersebut,” sebut lapor surat kabar Indian Express.

Partai oposisi Kongres menuduh pemerintah lalai dan mengatakan harus menghadapi tuntutan pidana. Gelombang panas telah menewaskan lebih dari 6.500 orang di India sejak 2010, dan tahun lalu mencatat rekor suhu di beberapa kota di seluruh negeri.



Mantra panas menjadi lebih keras dan lebih sering terjadi di Asia Selatan, didorong oleh perubahan iklim, menurut para ilmuwan.

Pihak berwenang di negara bagian Benggala Barat mengumumkan penutupan selama seminggu dari semua sekolah, perguruan tinggi dan universitas mulai Senin karena cuaca panas, lapor media lokal.

Tahun lalu, India mengalami kekurangan batu bara, sumber utama listrik di negara berpenduduk 1,4 miliar orang itu, karena permintaan listrik memuncak saat cuaca panas. Banyak bagian India mengandalkan kereta api untuk memasok air selama musim panas.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)