Putra Mahkota Iran yang Diasingkan Akan Kunjungi Israel untuk Pertama Kalinya

Senin, 17 April 2023 - 11:19 WIB
loading...
Putra Mahkota Iran yang Diasingkan Akan Kunjungi Israel untuk Pertama Kalinya
Putra mahkota Iran yang diasingkan, Reza Pahlavi, dijadwalkan berkunjung ke Israel untuk pertama kalinya pada minggu ini. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Putra mahkota Iran yang diasingkan, Reza Pahlavi, dijadwalkan berkunjung ke Israel untuk pertama kalinya pada minggu ini.

Kunjungan itu akan mencerminkan hubungan hangat yang pernah dimiliki ayahnya dengan rezim Zionis dan keadaan permusuhan saat ini antara Israel dan Republik Islam Iran.

Reza Pahlavi, putra Syah terakhir yang memerintah Iran sebelum Revolusi Islam 1979, mengatakan pada hari Minggu bahwa dia akan menyampaikan "pesan persahabatan dari rakyat Iran".

Dia diatur untuk berpartisipasi dalam upacara peringatan Holocaust tahunan Israel pada Senin (17/4/2023) malam. Demikian disampaikan Menteri Intelijen Israel Gila Gamliel, yang akan menjamu Pahlavi.



Menurut Gaamliel, Pahlavi juga akan mengunjungi pabrik desalinasi, melihat Tembok Barat dan bertemu dengan perwakilan komunitas Bahai lokal dan Yahudi Israel keturunan Iran.

Gamliel memuji "keputusan berani" Pahlavi untuk membuat apa yang dia katakan akan menjadi kunjungan pertamanya ke Israel.

“Putra mahkota melambangkan kepemimpinan yang berbeda dari rezim Ayatollah, dan memimpin nilai-nilai perdamaian dan toleransi, berbeda dengan ekstremis yang memerintah Iran,” katanya, seperti dikutip AP.

Pahlavi meninggalkan Iran pada usia 17 tahun untuk sekolah penerbangan militer di AS, tepat sebelum ayahnya yang terkena kanker; Mohammad Reza Pahlavi, meninggalkan takhta untuk diasingkan.

Revolusi menyusul, dengan pembentukan Republik Islam, pengambilalihan Kedutaan Besar AS di Teheran dan penyingkiran sisa-sisa monarki yang didukung Amerika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)