Menhan Zionis: Iran Sedang Perang Melawan Israel di Semua Lini

Senin, 17 April 2023 - 08:13 WIB
loading...
Menhan Zionis: Iran Sedang Perang Melawan Israel di Semua Lini
Menteri Pertahanan Zionis Yoav Gallant sebut Iran sedang berperang melawan Israel di semua lini. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Menteri Pertahanan (Menhan) Yoav Gallant mengatakan Iran sedang berperang melawan Israel di semua lini. Komentar Menhan Zionis ini disampaikan hari Minggu kepada Paasukan Pertahanan Israel (IDF).

"IDF telah bertindak dan akan terus bertindak di semua arena, dalam operasi terbuka dan rahasia di sepanjang perbatasan, melintasi perbatasan, dan bahkan jauh dari perbatasan," kata Gallant pada upacara peringatan khusus bagi mereka yang meninggal dalam pertempuran untuk Jaffa pada tahun 1948.

“Iran sedang mengobarkan perang gesekan multi-front melawan negara Israel,” kata Gallant, seperti dikutip Jerusalem Post, Senin (17/4/2023). "Melanjutkan upayanya untuk memantapkan dirinya di front utara dan pada saat yang sama mengirim proksi ke Yudea, Samaria dan Gaza."

Dia berbicara ketika IDF tetap bersiap untuk peningkatan kekerasan, meskipun ada ketenangan yang tidak nyaman setelah serangan roket terhadap Israel awal bulan ini di perbatasan selatan dan utaranya.



Pada hari Minggu lembaga think tank Jerusalem Institute for Strategic Studies (JISS) menerbitkan pernyataan posisi yang memperingatkan perang semacam itu dan mendesak Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk menangguhkan rencana reformasi yudisialnya sehubungan dengan ancaman tersebut.

“Israel dilihat dari luar sebagai masyarakat yang tercabik-cabik, secara bertahap kehilangan kemampuannya untuk berfungsi,” kata JISS dalam sebuah pernyataan yang menggemakan kata-kata salah satu rekan mereka, mantan Penasihat Keamanan Nasional Mayor Jenderal (Purn) kata Yaakov Amidror, minggu lalu.

“Musuh Israel mendapatkan kepercayaan dan mengharapkan kondisi internal di negara Yahudi mengarah pada penghancuran diri,” kata JISS. "Ini terjadi karena Amerika Serikat mengurangi keterlibatannya di Timur Tengah dan Iran memperkuat hubungannya dengan negara-negara Timur Tengah, terutama Arab Saudi," lanjut JISS.

“Peluang memburuknya konflik yang lebih luas lebih signifikan hari ini daripada sebelumnya,” kata JISS. "Israel perlu mempersiapkan kemungkinan perang yang nyata.”

Kemungkinan juga, kata JISS, bahwa Israel dapat segera mencapai titik di mana tidak akan ada lagi yang bisa dihindari untuk menyerang Iran, bahkan tanpa bantuan Amerika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)