ICC Bikin Afrika Selatan Dilema, Tangkap Vladimir Putin atau Tidak

Kamis, 13 April 2023 - 10:50 WIB
loading...
ICC Bikin Afrika Selatan Dilema, Tangkap Vladimir Putin atau Tidak
Surat perintah dari Pengadilan Kriminal Internasional atau ICC membuat Afrika Selatan dilema, harus tangkap Presiden Rusia Vladimir Putin atau tidak. Foto/REUTERS
A A A
PRETORIA - Surat perintah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk penangkapan Presiden Rusia Vladimir Putin telah membuat Afrika Selatan dilema. Sebab, negara Afrika itu menjadi tuan rumah KTT BRICS tahun ini—yang kemungkinan dihadiri pemimpin Rusia.

Juru bicara Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Vincent Magwenya, mengatakan KTT BRICS akan digelar Agustus nanti. Menurutnya, surat perintah ICC telah melemparkan "kunci pas" pada Afrika Selatan.

Sebagai penandatangan Statuta Roma 2002, Afrika Selatan wajib menegakkan surat perintah ICC untuk penangkapan Putin.

Namun, negara ini juga menjadi tuan rumah KTT BRICS tahun ini, di mana para pemimpin ekonomi berkembang terbesar di dunia—Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan—akan bertemu.



“Semua kepala negara diharapkan menghadiri KTT. Tapi sekarang kami memiliki kunci pas dalam bentuk surat perintah ICC ini,” kata Magwenya kepada wartawan.

“Yang menentukan adalah bahwa ada keterlibatan lebih lanjut dalam hal bagaimana itu akan dikelola, dan keterlibatan itu sedang berlangsung,” lanjut Magwenya, seperti dikutip Kamis (13/4/2023). "Setelah mereka selesai, pengumuman yang diperlukan akan dibuat."

Pemerintah Ramaphosa telah menyadari dilema seputar surat perintah ICC tersebut sejak dikeluarkan, di mana Magwenya bulan lalu menolak mengatakan apakah Pretoria akan menegakkannya.

Ramaphosa mengumumkan pada hari Selasa bahwa dia akan mengirim utusan ke Washington untuk mengklarifikasi sikap "non-blok" tentang konflik Ukraina.

Afrika Selatan dan Rusia telah menjadi mitra dekat sejak Uni Soviet mendukung Kongres Nasional Afrika anti-apartheid, yang saat ini dipimpin oleh Ramaphosa. Di bawah kepemimpinannya, Afrika Selatan menolak mengutuk operasi militer Rusia di Ukraina atau menjatuhkan sanksi terhadap Moskow, sementara militer negara itu ikut serta dalam latihan bersama dengan pasukan Rusia dan China awal tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)