Biden Tiba di Irlandia Utara untuk Tandai Peringatan Kesepakatan Damai

Rabu, 12 April 2023 - 08:04 WIB
loading...
Biden Tiba di Irlandia Utara untuk Tandai Peringatan Kesepakatan Damai
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menyapa Presiden AS Joe Biden saat kedatangannya di pangkalan udara RAF Aldergrove di County Antrim, Irlandia Utara, 11 April 2023. Foto/REUTERS
A A A
ANTRIM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden disambut di Irlandia Utara oleh Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak pada Selasa (11/4/2023).

Biden terbang untuk kunjungan singkat menandai peringatan 25 tahun kesepakatan damai yang sebagian besar mengakhiri pertumpahan darah selama 30 tahun.

Biden, yang sangat bangga dengan warisan Irlandianya, akan menghabiskan lebih dari setengah hari di wilayah yang dikelola Inggris itu.

Dia lalu akan melakukan perjalanan ke Republik Irlandia selama hampir tiga hari untuk bertemu dengan pejabat dan kerabat jauh.

Biden, yang ditemui oleh Sunak di landasan pacu di Bandara Internasional Belfast yang berangin, tiba pada waktu yang sulit di Irlandia Utara dan perlu melangkah dengan hati-hati karena partai pro-Inggris terbesar terus memboikot pemerintah terkait pembagian kekuasaan yang dilimpahkan, bagian penting dari Perjanjian Jumat Agung 1998.



Biden berbicara selama beberapa menit kepada para pejabat di landasan, diapit Joseph Kennedy III, dari keluarga politik Irlandia-Amerika yang terkenal.

Joseph Kennedy III ditunjuk Biden sebagai utusan khusus AS untuk Irlandia Utara untuk urusan ekonomi pada Desember.

Biden dan Sunak akan mengadakan pertemuan pada Rabu pagi (12/4/2023), dan Biden juga akan terlibat dengan masing-masing pemimpin dari lima partai politik utama Irlandia Utara menjelang pidatonya di universitas Belfast.



Berbicara kepada wartawan sebelum menaiki Air Force One, Biden mengatakan mendukung kesepakatan Windsor Framework baru-baru ini yang disetujui Uni Eropa dan Inggris untuk meringankan hambatan perdagangan pasca-Brexit di Irlandia Utara adalah salah satu prioritas utamanya.

“Pastikan kesepakatan Irlandia dan Perjanjian Windsor tetap berlaku. Jaga perdamaian. Itu yang utama,” papar dia. "Silangkan jarimu."

Partai Persatuan Demokratik Irlandia Utara (DUP) mengatakan kunjungan Biden yang pertama oleh seorang presiden AS dalam 10 tahun, tidak akan menekannya untuk mengakhiri protesnya pada aturan perdagangan pasca-Brexit yang memperlakukan provinsi itu secara berbeda dengan wilayah Inggris lainnya.

DUP menginginkan perubahan lebih lanjut pada kesepakatan pasca-Brexit yang direvisi untuk provinsi tersebut, tetapi London mengatakan itu tidak mungkin.

Biden yang kadang-kadang berselisih dengan pemerintah Inggris selama pembicaraan Brexit, yang memicu kemarahan dari anggota parlemen DUP, akan melontarkan kemungkinan hubungan investasi yang lebih dekat antara AS dan Irlandia Utara untuk mencoba mendorong diakhirinya kebuntuan.

Kekhawatiran keamanan juga disorot pada Selasa oleh penemuan empat bom pipa, alat peledak rakitan kecil, di Londonderry, kota yang berjarak 110 km (70 mil) dari tempat menginap Biden.

Polisi dalam pernyataan mengaitkan perangkat tersebut dengan perusuh nasionalis Irlandia yang menyerang polisi di sana pada Senin.

Kebuntuan politik terbaru yang menyusul keruntuhan tiga tahun pemerintahan yang dilimpahkan dari 2017 hingga 2020, akan membayangi kunjungan dan ulang tahun kesepakatan damai yang dibantu oleh AS sebagai perantara antara kaum nasionalis Irlandia yang mencari Irlandia yang bersatu dan serikat pekerja pro-Inggris yang ingin tetap menjadi bagian dari Inggris.

“Ini mungkin memacu hal-hal dan mungkin hal-hal akan dianggap sedikit lebih serius,” papar Niamh McNutt, penasihat siswa berusia 21 tahun di Belfast, di mana keamanan ketat menjelang kunjungan tersebut.

"Kami memang membutuhkan bantuan sekarang untuk mengatur semuanya dan mungkin ini akan memberi orang dorongan yang mereka butuhkan," papar dia.

Masih ada beberapa kekerasan sporadis oleh kelompok-kelompok kecil yang menentang proses perdamaian.

Pada Februari, seorang petugas polisi yang sedang tidak bertugas terluka parah setelah dia ditembak oleh dua pria bersenjata di depan putranya.

Badan intelijen MI5 Inggris meningkatkan tingkat ancaman di Irlandia Utara dari terorisme domestik menjadi “parah” setelah penembakan, yang berarti serangan sangat mungkin terjadi.

Sebagian besar telah berada pada level itu sejak diperkenalkan pada tahun 2010.

Di Irlandia, Biden, yang berbicara dengan bangga tentang akar Irlandianya dan sering mengutip penyair Irlandia seperti Seamus Heaney, akan berpidato di parlemen di Dublin, bertemu Perdana Menteri Leo Varadkar dan mengunjungi rumah leluhurnya di kedua pantai.

Presiden akan melakukan perjalanan ke County Louth pada Rabu, tempat kakek buyutnya James Finnegan lahir, dan mengakhiri kunjungannya dengan pidato publik di county barat Mayo, tempat kakek buyutnya Edward Blewitt dibesarkan.

“Sejak (John F) Kennedy belum ada presiden Irlandia-Amerika seperti Joe Biden dan kami sangat menantikan untuk menyambutnya pulang,” papar Varadkar pada Minggu.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)