AS Kerahkan Jet Tempur Siluman F-22 Raptor ke Dekat Ukraina

Rabu, 12 April 2023 - 05:13 WIB
loading...
AS Kerahkan Jet Tempur Siluman F-22 Raptor ke Dekat Ukraina
Amerika Serikat kerahkan jet tempur siluman F-22 Raptor ke negara NATO yang berdekatan dengan Ukraina ketika perang Moskow-Kiev terus berkecamuk. Foto/REUTERS
A A A
WARSAWA - Amerika Serikat (AS) telah mengerahkan jet tempur siluman F-22 Raptor ke Polandia, negara NATO di dekat Ukraina . Ini terjadi saat perang Moskow-Kiev terus berkecamuk.

Menteri Pertahanan Nasional Polandia Mariusz Blaszczak mengumumkan di Twitter bahwa jet tempur F-22 Raptor AS telah mendarat. Kehadiran jet tempur canggih Amerika itu untuk terus memberikan dukungan pada sayap timur aliansi NATO.

Blaszczak tidak mengungkap jumlah jet tempur Raptor AS yang mendarat di Polandia.



Ini bukan kunjungan pertama jet tempur F-22 Raptor AS ke Polandia. Tahun lalu di bulan Agustus, September, dan Oktober, F-22 juga dikerahkan ke negara NATO tersebut.

"Jet tempur F-22 Raptor AS telah mendarat di Polandia. Salah satu pesawat paling modern di dunia akan bekerja bersama pilot Polandia yang melanjutkan dukungan di sayap timur NATO," kata Kementerian Pertahanan Polandia di Twitter, seperti dikutip EurAsia Times, Rabu (12/4/2023).

Komando Angkatan Udara AS di Eropa dan Afrika mengatakan bahwa F-22 Raptor dikirim ke Powidz di Provinsi Wielkopolskie, Polandia, sebagai bagian dari misi rotasi.

Jet tempur F-22 tersebut berasal dari Skuadron Tempur ke-94 yang berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Langley-Eustis di Virginia dan akan mengambil alih misi tempur dari pesawat F-15.

F-22 Raptor adalah pesawat tempur generasi kelima, yang pertama dalam sejarah kelas ini yang digunakan secara operasional. Ini menampilkan sensor dan persenjataan canggih termasuk hingga 8 peluru kendali udara-ke-udara jarak menengah di ruang persenjataan internal. Ia juga memiliki kecepatan jelajah supersonik tanpa menggunakan afterburner.

Pesawat tempur ini diproduksi dengan teknologi siluman oleh Lockheed Martin hingga 2011. Karena keputusan berdasarkan teknologi rahasia yang kritis, pesawat F-22 tidak dijual ke negara lain. Jumlah F-22 Raptor yang diproduksi hanya lebih dari 180 unit.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)