Spesifikasi Ofek 13, Satelit Mata-Mata Israel Paling Canggih Sepanjang Sejarah

Selasa, 11 April 2023 - 10:08 WIB
loading...
Spesifikasi Ofek 13, Satelit Mata-Mata Israel Paling Canggih Sepanjang Sejarah
Satelit Ofek 13 merupakan salah satu andalan Israel yang paling canggih. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Israel melaporkan telah berhasil meluncurkan satelit mata-mata Ofek-13 ke luar angkasa, Rabu (29/3/2023).

Melansir laman The Times of Israel, satelit baru tersebut akan memberikan kualitas gambar yang lebih baik serta lebih jernih dari sebelumnya. Kementerian Pertahanan Israel juga mengeklaim satelit Ofek-13 memiliki kemampuan yang canggih.

Kementerian Israel menggambarkan Ofek-13 sebagai radar bukaan sintesis yang beroperasi di orbit rendah bumi. Jenis sistem tersebut cenderung mempunyai periode orbit yang singkat, 90 menit.

Selain itu, Menteri Pertahanan Yoav Gallant yang hadir dalam peluncuran mengatakan bahwa kesuksesan peluncuran satelit tersebut merupakan contoh penting lainnya dari terobosan inovasi pertahanan Israel.

Kontraktor utama yang terlibat dalam proyek satelit ini adalah Israel Aerospace Industries (IAI). Sementara, Perusahaan Pertahanan Tomer serta Rafael Israel memproduksi mesin peluncuran.



CEO IAI Boaz Levy mengatakan, Ofek-13 merupakan satelit yang paling canggih dari jenisnya.

Ofek-13 mempunyai kemampuan pengamatan radar yang unik. Tak hanya itu, Ofek-13 juga memungkinkan pengumpulan intelijen dalam segala cuaca dan kondisi jarak pandang.

Ofek-13 dibawa ke ruang angkasa dengan kendaraan peluncur Shavit. Pengembangan serta produksi satelit Ofek-13 dipimpin oleh Departemen Luar Angkasa Kementerian Pertahanan Israel.

Selain itu, pengembangan juga melibatkan berbagai badan militer Israel termasuk Unit Intelijen Visual 9900 dan Angkatan Udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0888 seconds (0.1#10.140)