Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina di Tepi Barat

Selasa, 11 April 2023 - 02:30 WIB
loading...
Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina di Tepi Barat
Tentara Israel Tembak Mati Remaja Palestina di Tepi Barat. FOTO/Reuters
A A A
TEPI BARAT - Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, seorang remaja pria berusia 15 tahun tewas oleh tembakan Israel selama serangan tentara di Tepi Barat yang diduduki pada hari Senin (10/4/2023).

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, Mohammed Balhan yang berusia 15 tahun tewas oleh tembakan tentara. Tentara Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang insiden tersebut.



Seperti dilaporkan AP, penembakan itu terjadi ketika ribuan warga Israel yang dipimpin oleh setidaknya tujuh menteri Kabinet berbaris ke pemukiman yang dievakuasi di wilayah tersebut.

Pawai tersebut merupakan sinyal menantang bahwa pemerintah paling kanan Israel dalam sejarah bertekad untuk mempercepat pembangunan pemukiman di tanah yang diduduki, meskipun ada tentangan internasional.

Polisi dan pasukan tentara Israel dikerahkan ke Tepi Barat utara – tempat yang sering terjadi ketegangan dalam beberapa bulan terakhir – untuk mengamankan pawai, yang dilakukan setelah berhari-hari pertempuran di Yerusalem dan di sepanjang garis depan utara dan selatan Israel.



Demonstrasi menambah suasana yang sudah mudah terbakar di Yerusalem dan Tepi Barat yang diduduki yang disertai tumpang tindih hari suci utama Yahudi dan Muslim. Ketegangan antara Israel dan Palestina telah mencapai puncaknya dalam beberapa pekan terakhir di sekitar tempat suci Yerusalem.

Tentara Israel mengatakan pasukannya beroperasi di kamp pengungsi Aqabat Jaber di sebelah Jericho di Tepi Barat. Pawai ke Eviatar, sebuah pos pemukiman tidak sah di Tepi Barat utara yang dievakuasi oleh pemerintah Israel sebelumnya pada tahun 2021, dipimpin oleh para pemukim Yahudi ultranasionalis garis keras. Penyelenggara menyerukan pembangunan kembali dan legalisasi pemukiman.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memimpin pemerintahan paling religius dan ultranasionalis dalam sejarah Israel. Beberapa anggota Kabinetnya, termasuk Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir—keduanya pemukim Tepi Barat—dan setidaknya 20 anggota Knesset diperkirakan ikut serta dalam pawai tersebut.



Kunjungan ke Eviatar secara resmi dilarang oleh militer sejak dievakuasi, tetapi larangan itu diberlakukan secara longgar dalam beberapa bulan terakhir. Juru bicara militer Israel Letnan Kolonel Richard Hecht mengatakan militer menyetujui pawai hari Senin. Menurutnya, pawai itu akan "sangat diawasi dan sangat dilindungi."

Ohad Tal, seorang anggota parlemen dari partai Religius Zionis, mengatakan bahwa “tidak ada alasan di dunia untuk membatalkan pawai”. “Kita perlu mengirim pesan – pesan yang tidak ingin kita akui dan kita di sini untuk tinggal,” katanya kepada Radio Angkatan Darat Israel.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2608 seconds (0.1#10.140)