Perseteruan Memanas, Kapal Induk China Dekati Taiwan

Kamis, 06 April 2023 - 18:05 WIB
loading...
Perseteruan Memanas, Kapal Induk China Dekati Taiwan
Kru kapal perang Taiwan memantau pergerakan kapal induk Shandong milik China. Foto/Kementerian Pertahanan Taiwan via REUTERS
A A A
TAIPEI - Kapal induk kedua China , Shandong, terlibat dalam latihan tempur di dekat Taiwan pada Kamis (6/4/2023) ketika perseteruan kedua pihak memanas.

Situasi memanas setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy.

Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng mengatakan kepada wartawan di Parlemen bahwa kapal induk Shandong terlibat latihan tempur di sebuah perairan 200 mil laut (370 km) dari lepas pantai timur Taiwan.

“Ini adalah pelatihan tetapi waktunya cukup sensitif, dan apa yang akan kami lakukan masih mempelajari,” kata Chiu, menambahkan pesawat tempur belum terlihat lepas landas dari geladak kapal induk Shandong.



Dia kemudian memberi tahu anggota Parlemen bahwa kapal perang Taiwan sedang memantau kapal induk tersebut pada jarak lima hingga enam mil laut.

Shandong, kapal induk buatan dalam negeri pertama China, berlayar melalui Selat Bashi di selatan Taiwan dan ke Pasifik pada hari Rabu dengan sejumlah kapal lain dari Angkatan Laut China.

Global Times, media yang dikelola pemerintah China, melaporkan: "Penyebaran ini menunjukkan Shandong sepenuhnya siap untuk operasi laut jauh dan menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial China."

"Komando Teater Timur PLA (Tentara Pembebasan Rakyat) telah mengadakan latihan intensif" di darat, serta di laut dan udara selama seminggu terakhir. Komando tersebut mencakup pantai timur China," lanjut laporan media pemerintah China.

Latihan itu dilakukan saat Tsai bertemu McCarthy di negara bagian California, AS, dalam persinggahan yang dikecam keras oleh Beijing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)