Arab Saudi Sambut Kunjungan Kapal Perang Angkatan Laut Rusia

Kamis, 06 April 2023 - 14:01 WIB
loading...
Arab Saudi Sambut Kunjungan Kapal Perang Angkatan Laut Rusia
Kapal fregat Laksamana Gorshkov milik Angkatan Laut Rusia. Foto/NAVAL PRESS SERVICE
A A A
RIYADH - Kapal perang Angkatan Laut Rusia melakukan kunjungan ke Arab Saudi untuk pertama kalinya dalam sekitar satu dekade.

Kabar tersebut diungkapkan militer Rusia pada Rabu (5/4/2023). Pada akhir Maret, detasemen, yang terdiri dari kapal fregat Laksamana Gorshkov dan kapal tanker laut menengah Kama, berlabuh di lepas pantai negara Djibouti di Afrika Timur.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan Distrik Militer Barat Rusia, kedua kapal tersebut “melakukan kunjungan kerja ke pelabuhan Jeddah di Arab Saudi.”

“Selama mereka tinggal, kapal akan mengisi bahan bakar, air minum, dan persediaan makanan mereka,” ungkap pejabat militer Rusia.



Fregat yang dapat membawa rudal jelajah hipersonik Zircon yang canggih, dan kapal tanker laut menengah yang menyertainya memulai pelayaran mereka pada bulan Januari tahun ini, berangkat dari pangkalan utama Armada Utara Rusia, Severomorsk.

“Detasemen sejak itu telah berpartisipasi dalam dua latihan angkatan laut internasional di Samudera Hindia, serta Laut Arab, melintasi garis khatulistiwa dua kali,” papar pernyataan itu.

Dari 26 hingga 28 Maret, kedua kapal tersebut ditambatkan di pelabuhan internasional Djibouti, dengan tujuan meningkatkan kerja sama militer kedua negara.

Djibouti dan Moskow membahas, antara lain, “masalah yang berkaitan dengan memastikan navigasi yang aman” di lepas pantai Afrika dan di wilayah Laut Merah.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)