Abaikan Peringatan China, Ketua DPR AS Bertemu Presiden Taiwan

Kamis, 06 April 2023 - 01:02 WIB
loading...
A A A
Sementara itu Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan sebuah kelompok kapal induk China berada di perairan lepas pantai tenggara pulau itu menjelang pertemuan antara Tsai dan McCarthy di California.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan kelompok kapal induk China sedang menuju untuk pelatihan di Pasifik Barat dan angkatan laut serta udara Taiwan serta sistem radar berbasis darat memantau mereka dengan cermat.

Dikatakan kapal-kapal itu, dipimpin oleh kapal induk Shandong, melewati Selat Bashi yang memisahkan Taiwan dari Filipina dan kemudian masuk ke perairan di tenggara Taiwan.

Tsai transit melalui New York minggu lalu dalam perjalanan ke Amerika Tengah untuk mengunjungi dua dari beberapa mitra diplomatik Taiwan yang tersisa, Guatemala dan Belize.

Washington meminta China untuk tidak bereaksi berlebihan, menggambarkan persinggahan Tsai sebagai rutinitas dan bagian normal dari hubungan tidak resminya dengan Taiwan.



Namun, AS, yang terikat oleh undang-undang untuk memberi Taiwan sarana untuk mempertahankan diri, telah meningkatkan interaksi dengan Taipei dalam beberapa tahun terakhir karena tekanan Beijing terhadap pulau itu meningkat.

Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken mengatakan, tidak ada yang baru dalam transit Tsai melalui Amerika Serikat dan mengatakan pemberhentian semacam itu bersifat "pribadi" dan "tidak resmi".

"Beijing seharusnya tidak menggunakan transit sebagai alasan untuk mengambil tindakan apa pun untuk meningkatkan ketegangan, untuk lebih mendorongnya mengubah status quo," katanya.

Pekan lalu, kuasa usaha di kedutaan China di Washington, Xu Xueyuan mengatakan bahwa pertemuan McCarthy dengan Tsai dapat menyebabkan konfrontasi serius lainnya terhadap hubungan China-AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2107 seconds (0.1#10.140)