Ketua DPR AS Akan Bertemu dengan Presiden Taiwan di California

Selasa, 04 April 2023 - 05:45 WIB
loading...
Ketua DPR AS Akan Bertemu dengan Presiden Taiwan di California
Ketua DPR AS Akan Bertemu dengan Presiden Taiwan di California. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Kevin McCarthy mengatakan pada Senin (3/4/2023), bahwa dia akan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di California pada Rabu (4/4/2023).

"Ketua Kevin McCarthy akan mengadakan pertemuan bipartisan dengan Presiden Taiwan di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan," demikian pengumuman kantornya dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Channel News Asia.



Ini akan menjadi pertemuan pertama antara pemimpin Taiwan dan Ketua DPR AS di tanah AS. Sebelumnya, Gedung Putih telah mendesak China untuk tidak menggunakan persinggahan "normal" Tsai di AS sebagai dalih untuk meningkatkan aktivitas agresif terhadap Taiwan.

"Selama transit melalui AS, presiden terlibat dengan teman-teman Amerika, sejalan dengan preseden masa lalu," kata kedutaan de facto Taiwan di Washington tanpa menjelaskan lebih lanjut ketika ditanya tentang pertemuan tersebut.

Tsai singgah di Amerika Serikat dalam perjalanan ke Amerika Tengah, tempat dia bertemu dengan para pemimpin Guatemala dan mengunjungi Belize sebelum bertemu dengan McCarthy.



Selama jamuan makan di New York pekan lalu, Tsai mengatakan: "Kami telah menunjukkan kemauan dan tekad yang kuat untuk membela diri, bahwa kami mampu mengelola risiko dengan tenang dan tenang dan bahwa kami memiliki kemampuan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional."

Juru bicara Kantor Urusan Taiwan China, Zhu Fenglian, sebelumnya mengecam persinggahan Tsai dan menuntut agar tidak ada pejabat AS yang bertemu dengannya.

“Kami dengan tegas menentang ini dan akan mengambil tindakan tegas,” kata Zhu pada konferensi pers pekan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)