Abaikan Peringatan China, Ketua DPR AS Bertemu Presiden Taiwan

Kamis, 06 April 2023 - 01:02 WIB
loading...
Abaikan Peringatan China, Ketua DPR AS Bertemu Presiden Taiwan
Abaikan peringatan China, Ketua DPR AS Kevin McCarthy bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di California pada Rabu waktu setempat. Foto/Reuters
A A A
LOS ANGELES - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di California pada Rabu waktu setempat. Ia menjadi tokoh AS paling senior yang bertemu dengan seorang pemimpin Taiwan di tanah AS sejak 1979.

Pertemuan ini terjadi di tengah ancaman pembalasan dari China, yang mengklaim Taiwan yang memerintah sendiri sebagai bagian wilayahnya.

McCarthy, seorang Republikan yang melalui posisinya di DPR adalah nomor tiga dalam hierarki kepemimpinan AS, menyambut Tsai pada Rabu pagi di Perpustakaan Kepresidenan Ronald Reagan di Simi Valley, California, dekat Los Angeles.

Para pendukung mengibarkan bendera Taiwan serta spanduk pro-Taiwan dan Hong Kong meneriakkan "Jiayou Taiwan" - atau setara dengan "Go Taiwan" - di tempat parkir Perpustakaan Reagan menjelang kedatangan Tsai dan McCarthy seperti dilansir dari Reuters, Kamis (6/4/2023).

Ini adalah pertemuan tingkat tertinggi presiden Taiwan di AS sejak Washington mengalihkan pengakuan diplomatik dari Taipei ke Beijing pada 1979.

Pertemuan itu pasti akan menarik reaksi keras dari Beijing, yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan telah berjanji untuk mengendalikannya, jika perlu dengan kekerasan.

China telah berulang kali memperingatkan kemungkinan terjadinya pertemuan antara McCarthy dan Tsai, yang melakukan persinggahan pertamanya di AS sejak 2019, meskipun beberapa analis memperkirakan reaksinya lebih moderat daripada kunjungan Pelosi ke Taipei.



Sebuah pertemuan di California dipandang sebagai alternatif yang berpotensi kurang provokatif untuk kunjungan McCarthy ke Taiwan, sesuatu yang dia katakan ingin dia lakukan.

China menggelar latihan perang di sekitar Taiwan Agustus lalu setelah kunjungan Ketua DPR AS saat itu, Nancy Pelosi, ke Taipei.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)