Profil Kim Yo-jong, Adik Kim Jong-un yang Menyebut Ukraina Menyimpan Ambisi Nuklir

Rabu, 05 April 2023 - 17:34 WIB
loading...
Profil Kim Yo-jong, Adik Kim Jong-un yang Menyebut Ukraina Menyimpan Ambisi Nuklir
Adik perempuan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, Kim Yo-jong. Foto/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Sosok Kim Yo-jong mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat umum. Untuk diketahui, dia merupakan adik dari pemimpin Korea Utara, yakni Kim Jong-un.

Beberapa waktu lalu, Yo-jong sempat menjadi sorotan kala menyebut Ukraina menyerukan senjata nuklir. Mengutip Reuters, Rabu (5/4/2023), hal ini didasarkan atas sebuah petisi di negara tersebut yang sudah menarik kurang dari 1.000 tanda tangan.

Singkatnya, setelah pengumuman Presiden Vladimir Putin terkait rencana Rusia menempatkan senjata nuklir di Belarusia, satu petisi diajukan ke situs kantor kepresidenan Ukraina.

Adapun seruannya adalah menjadikan Kiev sebagai tuan rumah senjata nuklir atau saran untuk mempersenjatai wilayah tersebut dengan nuklir.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Kim Yo-jong ini? Simak profilnya berikut ini.

Profil Kim Yo-jong dari Korea Utara


Adik perempuan dari Kim Jong-un dikenal sebagai seorang politikus dan diplomat Korea Utara. Sama seperti saudaranya yang memiliki kuasa, dia juga dipercaya menjadi tokoh kuat dan berpengaruh di Pyongyang.

Yo-jong lahir di Pyongyang pada 26 September 1987. Masa kecilnya dihabiskan di kediaman ibunya yang berada di Bukit Ch’angkwang bersama saudara-saudaranya.

Mengutip laman Washington Post, putri dari Kim Jong-il ini mengenyam pendidikan di Bern, Swiss. Dia pernah menghadiri sekolah Liebefeld-Steinholzli, sama seperti kakaknya.

Pasca menimba ilmu di luar negeri, Yo-jong diperkirakan kembali ke Korea Utara sekitar tahun 2000 atau 2001. Meski menjadi putri dari penguasa Korut, saat itu sosoknya jarang terlihat di depan umum.

Bahkan, dia disebut pertama kali muncul di media Korea Utara saat menghadiri pemakaman sang ayah, Kim Jong-Il pada akhir tahun 2011. Setelahnya, dia mulai dipersiapkan untuk peran pendukung kakaknya yang akan menjadi penerus pemimpin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1891 seconds (0.1#10.140)