Putri Beatrice Gunakan Gaun Pengantin Ratu Elizabeth

Senin, 20 Juli 2020 - 07:03 WIB
loading...
Putri Beatrice Gunakan Gaun Pengantin Ratu Elizabeth
Putri Beatrice mengenakan mahkota pengantin dan gaun pengantinmilik neneknya Ratu Elizabeth berjalan bersama suaminya EdoardoMapelli Mozzi di Royal Lodge, Windsor, Inggris, kemari. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Putri Beatrice mengenakan mahkota pengantin dan gaun miliki neneknya, Ratu Elizabeth , saat menggelar pernikahan tertutup untuk publik pada Jumat (17/7/2020). Hal itu terungkap setelah foto resmi pernikahan Putri Beatrice (31) dengan Edoardo Mapelli Mozzi di Windsor Castle dirilis kemarin. Pernikahan itu juga digelar dengan menaati protokol kesehatan seperti jaga jarak karena pandemi corona.

Pernikahan Putri Beatrice yang merupakan anak perempuan tertua Pangeran Andrew dan Sarah itu memang tidak menarik perhatian para penggemar keluarga Kerajaan Inggris. Putri Beatrice dan Mozzi awalnya hendak menikah pada Mei silam. Namun, isolasi wilayah karena pandemi menyebabkan mereka menjadwal ulang pernikahan. Acara sakral itu juga digelar sederhana dan dihadiri sedikit tamu.

Ratu Elizabeth (94) dan suaminya, Pangeran Philip (99) merupakan tamu yang menghadiri pernikahan tersebut. Aturan Pemerintah Inggris menegaskan pernikahan hanya diperbolehkan dihadiri 30 tamu. Aturan itu juga dipatuhi pada pernikahan Putri Beatrice. (Baca: 5 Orang Positif Covid-19, Lawan Petugas Saat Akan Dievakuasi)

“Pasangan pengantin memutuskan untuk menggelar upacara pernikahan kecil dengan keluarga dan saudara kandung menyusul penundaan pernikahan mereka pada Mei,” demikian keterangan Istana Buckhingham, dilansir Reuters.

Hal menarik dari pernikahan Putri Beatrice tersebut seperti diungkapkan Istana Buckhingham adalah Putri Beatrice yang menempati garis pewaris takhta Inggris kesembilan meminjam gaun pengantin milik Ratu Elizabeth buatan Norman Hartnell dan mahkota Ratu Marry.

Ratu Elizabeth mengenakan mahkota yang dibuat pada 1919 dari kalung permata pemberian Ratu Victoria pada pernikahannya dengan Pangeran Philip pada 1947. Melansir BBC, gaun pengantin tersebut didesain ulang dan dicocokkan oleh perancang busana langganan Kerajaan Inggris, Angela Kelly dan Stewart Parvin. (Baca juga: Keluarkan 6.300 Sertifikat Covid-19 Palsu, Pemilik RS Bangladesh Ditangkap)

“Upacara pernikahan digelar sesuai dengan aturan pemerintah. Pernikahan juga dilaksanakan dengan situasi unik dengan perayaan keluarga dekat saja,” demikian keterangan Istana Buckhingham. “Tidak ada lagu yang dinyanyikan. Lagu kebangsaan dimainkan, tetapi tidak dinyanyikan,” tambahnya.

Media Inggris menyebut pernikahan Putri Beatrice sebagai “pernikahan rahasia” merupakan pertama kali bagi Ratu Elizabeth. Pernikahan itu dibayangi skandal Andrew (60) di mana pacarnya, Ghislaine Maxwell, ditangkap di Amerika Serikat karena membujuk para gadis muda untuk menjadi korban pelecehan seksual mendiang pengusaha Jeffrey Epstein. (Lihat videonya: Seorang Nenek Renta di Banyuasin Digugat Anak Sendiri Perihal Warisan)

Setelah pernikahan, karangan bunga pada pernikahan Beatrice diletakkan di nisan para pahlawan tak dikenal di Westminster Abbey. Itu merupakan tradisi dalam pernikahan keluarga kerajaan.

Pernikahan yang digelar di Windsor itu merupakan kediaman masa kecil Putri Beatrice. Orang tuanya juga masih tinggal di kediaman tersebut. Beatrice dan Mozzi mulai kencan sejak musim gugur pada 2018. (Andika H Mustaqim)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)